Pengamat Sebut Gerak-Gerik Gibran Saat Debat Cawapres Umbar Niretik

Selasa, 23 Januari 2024 – 09:34 WIB
Pengamat Sebut Gerak-Gerik Gibran Saat Debat Cawapres Umbar Niretik - JPNN.com Jatim
Gibran bin Jokowi di atas panggung Debat Keempat Cawapres Pemilu 2024. Foto: Ricardo/JPNN

jatim.jpnn.com, JEMBER - Cawapres Nomor Urut 2 Gibran Rakabuming Raka dinilai mempertontonkan ajang mengumbar niretik pada debat keempat pada Minggu (21/1).

"Cawapres nomor urut 2 sekadar wow effect yang problematik dan niretik dalam debat," kata Pengamat Politik Universitas Jember Dr Muhammad Iqbal, Senin (22/1).

Dia menyebut Gibran beberapa kali menyentil Cawapres Nomor Urut 1 Muhaimin Iskandar seperti membaca catatan hingga memperagakan gerakan pantomim yang menganggap tidak menemukan jawaban dari Cawapres Nomor Urut 3 Mahfud MD.

“Patut disesalkan Gibran justru masih menjadikan arena debat itu merupakan panggung kampanye sebagai sarana untuk menampilkan ego sentrisnya seolah dirinya merasa sebagai anak muda mampu ‘mengalahkan’ debat,” ujarnya.

Menurut Pakar Komunikasi Politik itu, debat cawapres makin memberikan pendidikan politik yang kuat untuk calon pemilih memilih pasangan capres-cawapresnya pada 14 Februari 2024.

“Calon pemilih diberikan ruang untuk menilai seberapa etika lingkungan, etika kepemimpinan untuk mengatur, mengelola, dan memanfaatkan sebesar-besarnya untuk masa depan bangsa dan lingkungan,” ucapnya.

Iqbal menilai Cak Imin dan Mahfud MD sangat kuat komitmen dan konsistennya sepanjang proses debat.

Mereka menjaga kualitas debat itu sebagai media kampanye, media untuk mengalirkan gagasan, dan mengelaborasi agar membumi kepada calon pemilih.

Gibran dinilai mempertontonkan debat cawapres sebagai ajang mengumbar niretik
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News