Nelayan Ganjar Ajak Milenial di Surabaya Manfaatkan Marketplace Jual Hasil Laut

Senin, 06 November 2023 – 12:37 WIB
Nelayan Ganjar Ajak Milenial di Surabaya Manfaatkan Marketplace Jual Hasil Laut - JPNN.com Jatim
Sukarelawan Nelayan Pesisir Dukung Ganjar memeberikan pelatihan marketplace kepada milenial di Surabaya. Foto: Dok. Sukarelawan Ganjar.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Sukarelawan Komunitas Nelayan Pesisir Dukung Ganjar memberikan pelatihan marketplace kepada milenial di Surabaya, Minggu (5/11).

Koordinator Komunitas Nelayan Pesisir Jatim Abdul Kahar mengatakan pelatihan marketplace itu diselenggarakan untuk anak-anak muda yang orang tuanya bekerja sebagai nelayan.

"Kegiatan ini untuk meningkatkan daya saing di marketplace. Jadi, kami merangkul anak-anal nelayan di Surabaya, di mana hasil tangkapan laut orang tua mereka bisa dijual lewat online," ujar Kahar.

Dalam pelatihan itu, sukarelawan menghadirkan pemateri yang telah lama berkecimpung dalam dunia marketplace. Mereka mengedukasi peserta yang hadir sekaligus mempraktikkannya secara langsung.

Mulai dari bagaimana cara memproduksi beragam hasil olahan seperti ikan, cara memasarkan produk, hingga pengemasan yang menarik.

Tak hanya itu, peserta yang hadir juga diajarkan mengatur data pengeluaran dan pendapatan dari proses produksi olahan secara keseluruhan.

"Tujuannya untuk sekiranya hasil tangkapan laut itu bisa bersaing di pasar-pasar yang sekarang sudah dijual secara online," katanya.

Kahar mencontohkan hasil tangkapan nelayan ikan sarden di Banyuwangi penjualannya melampaui pasar tradisional dan sudah menyentuh konsumen di luar negeri.

Nelayan Pesisir Pendukung Ganjar ajari milenial di Surabaya bersaing dengan hasil tangkapan laut memanfaatkan marketplace.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News