Peringati Sumpah Pemuda, Untag Surabaya Gelar Wayangan Tuk Lestarikan Budaya

Senin, 30 Oktober 2023 – 21:33 WIB
Peringati Sumpah Pemuda, Untag Surabaya Gelar Wayangan Tuk Lestarikan Budaya - JPNN.com Jatim
Rektor Untag Surabaya Prof Mulyanto Nugroho (kanan) memberikan apresiasi kepada Dalang Ki Eko Kondho Prisdianto saat wayangan di kampus setempat. Foto: Humas Untag Surabaya.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Untag Surabaya menggelar pagelaran wayang kulit. Kegiatan rutin tahunan Kampus Merah Putih kali ini diadakan dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda pada Sabtu (28/10).

Wayangan kali ini menghadirkan Dalang Ki Eko Kondho Prisdianto dan pelawak Andi TB. Acara berlangsung meriah dengan kehadiran berbagai kalangan yang datang menonton.

Rektor Untag Surabaya Prof Dr Mulyanto Nugroho mengatakan pagelaran wayang itu adalah salah satu upaya melestarikan budaya.

“Sebagai kampus nasionalis, Untag Surabaya punya misi melestarikan budaya di Indonesia. Salah satunya, dengan pagelaran wayang ini,” kata Prof Nugroho. 

Dengan mengusung tema ‘Lakon Kresna Duta’, wayangan tersebut mengisahkan sang Prabu Kresna saat memperjuangkan Negara Astina dari kekuasaan Kurawa yang angkuh.

“Tema itu kami usung untuk memotivasi para masyarakat bahwa perjuangan untuk keadilan dan merebut kekuasaan dari orang jahat itu tidak mudah,” ujarnya.

Prof Nugroho juga mengajak masyarakat, terutama anak muda untuk andil menjaga dan melestarikan budaya.

“Tepat di Peringatan Hari Sumpah Pemuda, kami juga ingin para anak muda tahu akan budaya ini, menjaga dan melestarikannya agar tidak diklaim negara lain,” tuturnya.

Untag Surabaya mengajak melestarikan budaya wayangan saat peringati Hari Sumpah Pemuda.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News