HUT ke-754 Kabupaten Sumenep Hadirkan Drama Kolosal Arya Wiraraja

Senin, 23 Oktober 2023 – 21:29 WIB
HUT ke-754 Kabupaten Sumenep Hadirkan Drama Kolosal Arya Wiraraja - JPNN.com Jatim
Poster prosesi Arya Wiraraja dan Kirab Budaya HUT ke-754 Kabupaten Sumenep. Foto: Dok. Pemkab Sumenep.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Drama kolosal berlatar belakang kisah prosesi pelantikan Arya Wiraraja sebagai Adipati Sumenep pertama akan meramaikan perayaan HUT ke-754 Kabupaten Sumenep pada Sabtu (28/10).

Bupati Sumenep Achmad Fauzi mengatakan pelaksanaan prosesi Arya Wiraraja tahun ini akan bergeser di kota lama Kalianget. 

“Acaranya mulai jam tujuh pagi. Prosesi Arya Wiraraja sekaligus menjadi bagian dari perayaan hari jadi ke-754 Kabupaten Sumenep,” kata Cak Fauzi, Senin (23/10).

Prosesi kali ini akan diikuti dengan kegiatan-kegiatan lain. Pemerintah Kabupaten Sumenep akan menghadirkan beragam kegiatan untuk menyemarakkan acara. 

Selain menempatkan tari kolosal dan prosesi Arya Wiraraja, ada juga pertunjukan topeng dalang, dhammong kreasi, saronen, jaran serek, dan kirab masyarakat. 

“Ada khusus kirab dari tujuh desa. Kami juga mengikutsertakan tong-tong serek, tujuh kereta kencana, termasuk kirab dari organisasi perangkat daerah (OPD) dan camat,” ujarnya.

Dengan kegiatan yang cukup banyak, Cak Fauzi akan mengajak masyarakat di luar Sumenep untuk datang dan menyaksikan betapa sakral dan megahnya budaya yang ada di Sumenep. 

Yang tak kalah penting dan menarik, sehari setelah proses Arya Wiraraja, Cak Fauzi turut mengadakan Haul Raja-Raja Madura. 

Pemkab Sumenep bakal menghadirkan drama kolosal proses pelantikan Arya Wiraraja di Kota Lama Kalianget.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News