Siswa Smekdors Juara I Lomba FesPa 2023, Bahas Isu Polusi Udara & Pajak Karbon

Jumat, 06 Oktober 2023 – 14:58 WIB
Siswa Smekdors Juara I Lomba FesPa 2023, Bahas Isu Polusi Udara & Pajak Karbon - JPNN.com Jatim
Ahmad Ramdani dan Ade Stefanus Irianto menunjukkan video edukasi tentang pajak karbon dan polusi udara yang mereka buat dan memenangkan juara I lomba FesPa 2023. Foto: Dok. Diana untuk JPNN.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Siswa SMK Dr Soetomo Surabaya (Smekdors) meraih juara satu dalam lomba Video Festival Pajak (FesPa) 2023 yang digelar Universitas Negeri Malang (UM) Agustus lalu.

Siswa bernama Ahmad Ramdani mengangkat sebuah isu polusi udara yang sedang ramai belakangan ini yang berdampak pada kesehatan manusia.

Dalam video berdurasi tiga menit, dia mencoba menyosialisasikan buruknya polusi udara di beberapa daerah dan penggunaan pajak karbon di Indonesia yang belum dilakukan secara optimal.

Dia menjelaskan isu polusi udara diangkat sebagai bahan pengetahuan dan wawasan masyarakat tentang pajak korban yang masih jarang diketahui.

Menurut riset yang dilakukannya, Indonesia berada di urutan pertama dunia dengan pajak karbon 172 persen berdasarkan IQ Air.

“Pemerintah Indonesia belum merealisasikannya, padahal ini merupakan inovasi pajak yang bagus dan kami tuangkan dalam video," ujar Ramdani, Jumat (6/10).

Nah, lewat video yang dibuatnya itu harapannya banyak orang tahu mengenai pajak karbon. Masyarakat juga makin banyak mendorong pemerintah merealisasikannya.

“Regulasi pajak karbon harus segera direalisasikan karena penting untuk menekan polusi udara,” katanya.

Video edukasi tentang pajak karbon dan polusi udara mengantarkan dua siswa Smekdors untuk juara I Lomba FesPa 2023.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News