Siswa SMAN 5 Surabaya Raih Emas di Ajang Internasional, Kalahkan 35 Negara

Sabtu, 23 September 2023 – 15:35 WIB
Siswa SMAN 5 Surabaya Raih Emas di Ajang Internasional, Kalahkan 35 Negara - JPNN.com Jatim
Tim La Champ dari SMAN 5 Surabaya didampingi Kepala Sekolah Sukirin Wiranto (tengah) yang membut kapur pengusir serangga dari bahan-bahan organik. Foto: Arry Saputra/JPNN.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Siswa SMAN 5 Surabaya meraih medali emas dalam ajang Indonesia Inventors Day 2023 dan International Young Inventors Awards (IYIA) setelah mengalahkan peserta dari 35 negara.

Medali emas itu diraih dua tim kategori kategori Biotechnology, Personal Care Products, Culinary and Food beranggotakan beranggotakan Devan Ahmad Henofernanda, Nindy Raisya Amelia Putri, Nadia Ivana Aristawati, Adriansyah Akbar Ade Pratama, dan Kenxin Ajita Mulyadi

Tim pertama membuat inovasi berjudul La Champ: Food Waste Based Camphor, yakni pembuatan produk kapur pengusir semut dan serangga.

Ketua Tim La Champ Kenxin Ajita Mulyadi mengatakan produk kapur buatan timnya 100 persen menggunakan bahan organik.

“Pembuatannya juga sangat mudah dan murah menggunakan dua jenis bahan utama, yakni ekoenzim atau cairan terbuat dari fermentasi kulit sayuran dan buah-buahan, dan tepung cangkang telur,” ujar Ken, Sabtu (23/9).

Adapun cara pembuatannya tepung cangkang telur dan ekoenzim dicampur dengan tepung tapioka dan air dengan rasio 3:5:8:1. Kemudian dikeringkan dengan sinar matahari selama dua hari.

Ken menyebut ada empat cara utama penggunaan kapur pengusir semut dan serangga. 

Pertama, bisa digoreskan seperti kapur biasa. Kedua, bisa dihancurkan dan ditaburkan di tempat yang dilalui serangga.

Siswa SMAN 5 Surabaya meraih medali emas dalam ajang internasional dengan menciptakan kapur pengusir serangga dan kotak pembunuh bakteri.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News