Polda Jatim Butuh Peran Masyarakat Cegah Terjadinya Karhutla

Jumat, 06 Oktober 2023 – 11:06 WIB
Polda Jatim Butuh Peran Masyarakat Cegah Terjadinya Karhutla - JPNN.com Jatim
Polisi saat di kawasan Gunung Bromo yang terbakar beberapa waktu lalu. (ANTARA/HO-Polda Jatim)

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Kabid Humas Polda Jatim Kombes Dirmanto memberikan imbauan kepada masyarakat untuk turut serta dalam pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

"Hari ini Gunung Lawu masih kebakaran, bahkan meluas sampai ke wilayah Jawa Tengah dan ini memprihatinkan. Jadi, kami mohon masyarakat ikut berpartisipasi mencegah jangan sampai terulang," tutur Dirmanto, Kamis (5/10).

Dirmanto menyebut Kapolda Jatim Irjen Toni Hermanto sudah mengumpulkan seluruh polres dan pemangku kebijakan agar berupaya melakukan pencegahan terhadap kebakaran hutan di Jawa Timur.

"Bapak Kapolda juga sudah memerintahkan jajaran untuk pencegahan terjadinya karhutla ini," katanya.

Di sisi lain, Dirreskrimsus Polda Jatim Kombes Farman mengatakan berkas tersangka kasus karhutla Gunung Bromo atas nama Andrie Wibowo Eka Wardhana (41) asal Lumajang telah dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Probolinggo.

Farman menyampaikan untuk menguatkan tidak pidana itu, penyidik juga melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi termasuk pasangan calon pengantin.

"Jadi, untuk menguatkan terjadinya tindak pidana itu (kebakaran Bromo), penyidik sudah memeriksa kurang lebih 21 saksi yang melihat kejadian itu, termasuk ahli juga kami periksa," ujarnya.

Terkait apakah akan ada tersangka baru terkait kebakaran ini, Farman mengatakan masih menunggu karena dalam proses pendalaman.

"Sabar ya, ditunggu saja, nanti akan disampaikan kalau ada perkembangan lebih lanjut," ucap Farman. (antara/mcr12/jpnn)

Polda Jatim mengimbau masyarakat agar turut serta dalam proses pencegahan terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

Redaktur & Reporter : Arry Dwi Saputra

Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News