Polda Jatim Dalami Penyebab Kebakaran Hutan di Gunung Lawu

Rabu, 04 Oktober 2023 – 16:55 WIB
Polda Jatim Dalami Penyebab Kebakaran Hutan di Gunung Lawu - JPNN.com Jatim
Petugas BPBD Jatim melakukan pemadaman di Gunung Lawu, Ngawi, beberapa waktu lalu. ANTARA/HO-BPBD Jatim

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Polda Jatim turun tangan mendalami pemicu kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Gunung Lawu.

Dirreskrimsus Polda Jatim Kombes Farman mengatakan penyelidikan tersebut dilakukan untuk mengungkap apakah ada unsur kesengajaan atau tidak dalam kejadian itu.

Pasalnya, pada tahun 2015, tepatnya pada 18 Oktober di Cemoro Sewu sempat terjadi kebakaran akibat api unggun yang ditinggalkan pendaki. Apinya membesar hingga merembet ke sejumlah titik.

"Lawu sementara proses penyelidikan karena tahun 2015 pernah kejadian yang sama," kata Farman, Rabu (4/10).

Pihaknya bersama instansi terkait menggelar raker membahas penanganan karhutla yang terjadi di wilayah Jatim, salah satunya di Gunung Lawu.

Dalam raker tersebut akan membahas soal pembuatan ilar-ilar atau sekat api untuk menahan titik api menyebar ke wilayah lain.

"Hari ini raker diikuti sejumlah pihak, ada jajaran kapolres, termasuk mengikutsertakan perhutani. Ini kan mau dibuat sekat api atau ilaran sampai atas (puncak)," ujarnya.

Sementara itu, Pjs Kasubdit Tipidter Ditreskrimsus Polda Jatim AKBP Oki Ahadian mengatakan pembuatan ilar-ilar itu penting untuk sebagai pencegahan. 

Polda Jatim turun tangan ikut mendalami penyebab kebakaran di Gunung Lawu.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News