Ratusan Murid Paud Surabaya Diajarkan Berbagai Profesi di Kidzania

Sabtu, 02 September 2023 – 10:05 WIB
Ratusan Murid Paud Surabaya Diajarkan Berbagai Profesi di Kidzania - JPNN.com Jatim
Murid PAUD di Surabaya saat mencoba menjadi profesi pemadam kebakaran di wahana Kidzania. Foto: Diskominfo Surabaya

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Sebanyak 500 murid Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) diajarkan berbagai wahana profesi dalam Festival Bermain Bunda PAUD di Grand Sungkono Lagoon, Jumat (1/9)

Bersama Kidzania Surabaya, para murid PAUD belajar secara menyenangkan dengan cara mempraktekkan langsung memilih profesi yang diinginkan.

Bunda PAUD Kota Surabaya Rini Indriyani mengatakan anak-anak tidak dituntut untuk bisa berhitung dan membaca. Yang terpenting adalah berani tampil dalam menentukan serta percaya diri.

"Wahana profesi yang dikemas dengan permainan anak ini membuat anak-anak bebas dalam berkreasi. Tentunya, hal itu sejalan dengan tujuan Pemkot Surabaya mendukung gerakan transisi PAUD ke SD yang menenangkan," ujar Rini.

Menurut Rini, gerakan transisi itu antara lain menghilangkan tes baca, tulis, dan menghitung (calistung), dari proses penerimaan peserta didik baru pada pendidikan SD/MI.

Selain itu, menerapkan masa perkenalan bagi peserta didik baru selama dua minggu pertama dan melaksanakan pembelajaran membangun enam kemampuan pondasi anak secara berkelanjutan.

"Pembentukan karakter pada anak di Kota Surabaya, tidak hanya dari segi akademik saja. Akan tetapi, anak-anak diharapkan bisa dikenalkan berbagai profesi dengan cara praktik dan pembelajaran secara langsung," katanya.

Di tempat yang sama, Direktur Utama Kidzania Tarno menyampaikan dukungannya kepada Pemkot Surabaya dalam memberikan pembelajaran yang menyenangkan bagi anak.

Ciptakan transisi pembelajaran menyenangkan, ratusan murid Paud Surabaya diajarkan berbagai profesi
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News