Sikemo, Sistem Keamanan Motor Antimaling Ciptaan Dosen Ubhara

Rabu, 23 Agustus 2023 – 13:37 WIB
Sikemo, Sistem Keamanan Motor Antimaling Ciptaan Dosen Ubhara - JPNN.com Jatim
Mahasiswa Ubhara saat mencoba alat pencegahan pencurian sepeda motor atau antimaling (Sikemo) buatan dosen kampus setempat, Rabu (23/8). Foto: Arry Saputra/JPNN.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Pencurian motor masih menjadi momok bagi masyarakat. Solusi konkret belum ada untuk mencegah tindak kriminal tersebut.

Hal tersebut dirasakan Dosen Administrasi Publik Universitas Bhayangkara (Ubhara) Ismail yang dulunya menjabat sebagai Kapolsek Karang Pilang yang setiap hari menemui curanmor.

Saat dirinya pensiun dan mengabdi di Ubhara pun, kejadian curanmor masih kerap muncul di berbagai media sosial.

Hal tersebut melatarbelakangi Ismail untuk mengembangkan sistem keamanan berbasis pendeteksi wajah yang sempat digagas dengan masyarakat Karang Pilang pada 2010.

Sikemo, Sistem Keamanan Motor Antimaling Ciptaan Dosen Ubhara

Mahasiswa Ubhara saat mengoperasikan Sikemo di sepeda motor untuk mencegah terjadinya pencurian, Rabu (23/8). Foto: Arry Saputra/JPNN.

Produk tersebut dinamai Sistem Keamanan Sepeda Motor atau Sikemo yang digagas Ismail bersama tim dosen lainnya, yakni Prof Saidah, Dimas Novian dari Prodi Teknik Elektro, dan Dandi Darmadi dari Prodi Administrasi Publik.

Ismail mengatakan sistem tersebut dibuat untuk memberikan rasa aman pada pemilik motor meskipun dalam keadaan mati. Sistemnya masih aktif selama terhubung dengan jaringan internet.

Dosen-dosen Ubhara menciptakan sistem keamanan sepeda motor (Sikemo) untuk mencegah terjadinya aksi curanmor.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News