Pendaki Asal Probolinggo Hipotermia dan Cedera Saat Mendaki di Gunung Lemongan

Kamis, 03 Agustus 2023 – 12:44 WIB
Pendaki Asal Probolinggo Hipotermia dan Cedera Saat Mendaki di Gunung Lemongan - JPNN.com Jatim
Seorang pendaki dibawa ke Puskesmas Klakah setelah dievakuasi oleh TRC BPBD Lumajang karena mengalami hipotermia di Gunung Lemongan, Selasa (1/8). (ANTARA/HO-BPBD Lumajang)

jatim.jpnn.com, LUMAJANG - Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Lumajang mengevakuasi pendaki yang mengalami cedera saat melakukan pendakian di Gunung Lemongan.

Kepala Bidang Rekonstruksi dan Rehabilitasi BPBD Lumajang Reza Aditya mengatakan pihaknya mendapatkan informasi sayu pendaki yang cedera pada Selasa (1/8).

“Setelah mendapatkan laporan, kami segera melakukan upaya pertolongan dengan menerjunkan satu tim evakuasi yang juga melibatkan Dinas Kesehatan, P2A KB Lumajang dan sukarelawan,” ujar Reza, Rabu (2/8).

Korban yang mengalami cedera bernama Shohibul Fatoni (21) warga Desa Kalisalam, Kecamatan Dringu, Kabupaten Probolinggo. Korban mulai mendaki bersama tujuh orang temannya pada Minggu (31/7).

"Kami mendapatkan laporan bahwa korban mengalami hipotermia atau kedinginan dari Tagana Probolinggo," katanya.

Awalnya korban menelepon ayahnya bernama Hartono yang mengabarkan dirinya mengalami hipotermia dan tidak melanjutkan perjalanan untuk mendaki.

Kemudian dia hendak turun dan meminta bantuan tim penolong yang ada di Lumajang.

Ayah korban melaporkan kejadian ini kepada Tagana Probolinggo dan meneruskan kepada Pusdalops BPBD Kabupaten Lumajang agar Shohibbul Fatoni bisa dievakuasi dari jalur pendakian Gunung Lemongan.

BPBD Lumajang mengevakuasi pendaki yang mengalami cedera saat melakukan pendakian di Gunung Lemongan.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News