Pendaki Wanita di Gunung Lemongan Alami Hipotermia, Evakuasi Memakan Waktu 7 Jam

Senin, 24 Juni 2024 – 10:35 WIB
Pendaki Wanita di Gunung Lemongan Alami Hipotermia, Evakuasi Memakan Waktu 7 Jam - JPNN.com Jatim
Tim SAR gabungan mengevakuasi pendaki Gigih Sulistyowati yang mengalami hipotermia di Gunung Lemongan, Sabtu (22/6). ANTARA/HO-BPBD Lumajang

jatim.jpnn.com, LUMAJANG - BPBD Lumajang mengevakuasi seorang pendaki bernama Gigih Sulistyowati yang mengalami hipotermia di Gunung Lemongan yang memiliki ketinggian 1.651 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Kabid Darlog BPBD Lumajang Yudi Cahyono mengatakan saat itu pihaknya mendapatkan laporan adanya pendaki dalam kondisi darurat di Gunung Lemongan.

"Kami segera menuju lokasi untuk memberikan penanganan khusus yang dibutuhkan," ujar Yudi, Minggu (23/6).

Pendaki berusia 57 tahun asal Kabupaten Malang tersebut mengalami hipotermia yang menyebabkan otot kaki kirinya kaku sehingga tak bisa berjalan saat menuruni medan terjal pada Sabtu (22/6).

Dia bersama tujuh pendaki yang lainnya memulai pendakian ke gunung yang berada di Kecamatan Klakah itu pada Jumat (21/6). Namun, cuaca dingin di gunung berstatus normal itu menyebabkan korban mengalami kondisi penurunan suhu tubuh secara drastis yang berpotensi membahayakan nyawanya atau hipotermia.

"Kami berhasil mengevakuasi pendaki asal Malang yang mengalami cedera. Proses evakuasi membutuhkan waktu tujuh jam karena medan terjal di Gunung Lemongan," katanya.

Dia mengimbau kepada para pendaki yang akan naik ke Gunung Lemongan agar mempersiapkan fisik untuk menghindari cedera atau kondisi yang dapat membahayakan keselamatan dan tidak merepotkan pendaki lain.

"Kami mengimbau para pendaki pemula agar tidak mengabaikan keselamatan diri sendiri. Untuk itu, kami harap semua bisa mencermati demi keselamatan diri sendiri dan orang lain," tuturnya.

Medan terjal membuat evakuasi pendaki yang mengalami hipotermia di Gunung Lemongan memakan waktu tujuh jam.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News