Jember dan Lumajang Rasakan Guncangan Gempa di Malang

Selasa, 21 Mei 2024 – 10:05 WIB
Jember dan Lumajang Rasakan Guncangan Gempa di Malang - JPNN.com Jatim
Ilustrasi gempa bumi. Foto: ANTARA/Harianto

jatim.jpnn.com, JEMBER - Sejumlah warga di Kabupaten Jember dan Lumajang mengaku merasakan getaran gempa bumi magnitudo 5,3 dengan pusat gempa berada di laut 127 kilometer tenggara Kabupaten Malang, Selasa (21/5) pukul 02.42 WIB.

"Memang benar gempa Malang dirasakan sebagian warga di Jember. Saya sendiri berada di kawasan kota juga merasakan guncangan gempa itu," kata Kepala BPBD Jember Widodo Julianto saat dikonfirmasi.

Dia mengatakan pihaknya masih melakukan pemantauan terhadap dampak gempa Malang tersebut, terutama di daerah kawasan pesisir selatan karena biasanya guncangan gempa lebih terasa kuat di kawasan pesisir selatan Jember.

"Sampai dengan sekarang belum ada laporan kerusakan. Namun, kami tetap lakukan pemantauan lapangan apakah ada dampak akibat gempa tersebut. Mudah-mudahan aman dan terkendali," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Lumajang Patria Dwi Hastiadi menyatakan gempa yang berpusat di Malang dirasakan sebagian warga di wilayah setempat.

"Sejauh ini belum ada laporan kerusakan akibat gempa Malang karena warga Lumajang hanya merasakan getaran gempa sebentar saja. Namun, kami tetap memonitor dampak gempa tersebut," katanya.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui laman resminya menyatakan bahwa telah terjadi gempa magnitudo 5,3 dengan pusat gempa berada di laut 127 kilometer tenggara Kabupaten Malang pada Selasa pukul 02.42 WIB.

Pusat gempa tersebut berada di titik koordinat 9.28 LI, 112.61 BT atau 127 kilometer tenggara Kabupaten Malang, dengan kedalaman 10 kilometer.

Sejumlah warga di Jember dan Lumajang merasakan getaran dari gempa bumi yang terjadi di Malang.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News