LPG 3 Kg di Kediri Dilaporkan Mengalami Kelangkaan, Pemkot Temukan Penyebabnya

Selasa, 25 Juli 2023 – 12:07 WIB
LPG 3 Kg di Kediri Dilaporkan Mengalami Kelangkaan, Pemkot Temukan Penyebabnya - JPNN.com Jatim
Petugas melakukan sidak ke sejumlah agen elpiji di Kediri, Jawa Timur, Senin (24/7). ANTARA/HO-Pemkot Kediri

jatim.jpnn.com, KEDIRI - Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah pangkalan elpiji di wilayah setempat menindaklanjuti aduan soal kelangkaan di daerah tersebut.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Kediri Wahyu Kusuma Wardani mengatakan sidak itu dilakukan di pangkalan elpiji di Kelurahan Gayam, Mrican, Ngampel, Ngadirejo, Dandangan dan Pakunden.

Secara bergantian, tim gabungan mendatangi satu per satu pangkalan elpiji.

"Sidak yang kami lakukan menindaklanjuti aduan masyarakat, baik rumah tangga maupun pedagang terkait kelangkaan tabung elpiji tiga kilogram yang terjadi di hari Minggu (23/7)," kata Wahyu, Senin (24/7).

Dari hasil sidak tersebut diketahui ada masalah terkait stok maupun ketersediaan tabung elpiji. Masalahnya tidak ada pengiriman dari Pertamina pada Minggu ataupun hari libur sehingga membuat stok terbatas di beberapa pangkalan.

"Setelah kami koordinasi dengan Pertamina, memang tidak ada pengiriman di hari Minggu ataupun tanggal merah (hari libur). Namun, kami pastikan stok elpiji tiga kilogram di Kota Kediri masih aman," ujarnya.

Dia menambahkan dalam sidak itu juga diketahui setiap harinya pengiriman dan stok rata-rata per pangkalan 100 tabung elpiji.

Terkait penyetoran salinan KTP dan KK sebagai syarat pembelian elpiji tiga kilogram di pangkalan, hal itu digunakan untuk pendataan penerima elpiji bersubsidi. KTP yang terkumpul akan diunggah agen melalui aplikasi MyPertamina.

Pemkot Kediri melakukan sidak di beberapa pangkalan elpiji tiga kilogram yang disebut mengalami kelangkaan, ternyata ini penyebabnya.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News