Dindik Jatim Minta Siswa Bijak Memilih Sekolah di PPDB Jalur Zonasi

Selasa, 27 Juni 2023 – 15:33 WIB
Dindik Jatim Minta Siswa Bijak Memilih Sekolah di PPDB Jalur Zonasi - JPNN.com Jatim
CPDB saat melakukan pengambilan PIN di UPT TIKP Dinas Pendidikan Jatim di Jalan Jagir, Surabaya. Foto: Dok. Diana untuk JPNN.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahap  satu jalur afirmasi, perpindahan tugas, dan prestasi lomba, serta tahap dua jalur prestasi nilai akademik siswa SMA rampung.

Dinas Pendidikan Jatim mengumumkan sebanyak 53.537 calon peserta didik baru (CPDB) diterima pada tahap satu dan 28.420 diterima pada tahap dua.

Kepala UPT TIKP Dindik Jatim Alfian Majdi mengatakan siswa yang tak lolos tahap itu bisa mengikuti tiga jalur yang tersisa, yakni zonasi SMK dengan kuota sepuluh persen.

Kemudian jalur zonasi SMA dengan kuota 50 persen pada 1-2 Juli 2023 dan jalur prestasi nilai akademik SMK pada 4-5 Juli 2023 dengan kuota 65 persen.

“Jumlah pendaftar di tahap satu dan dua terdapat perbedaan cukup signifikan. Tahap satu mencapai 122.876, sedangkan tahap dua 79.817,” kata Alfian tertulis, Selasa (27/6).

Menurutnya, jumlah penerimaan yang cukup ketat dikarenakan CPDB menyerbu sekolah tertentu yang dianggap favorit, sedangkan di tahap dua hanya diperuntukkan untuk SMA saja. 

"Di tahap satu  yang tidak terpenuhi akan dilimpahkan di tahap zonasi SMA dan SMK," ujarnya.

Dia menjelaskan terdapat beberapa sekolah di luar Surabaya, Sidoarjo, Malang, dan Gresik yang pagunya belum terpenuhi. Wilayah itu meliputi Bojonegoro, Probolinggo, dan Pacitan pagu buruh, disabilitas, serta pindah tugas tidak terpenuhi. 

Siswa dan wali murid diharapkann bijak dalam memilih sekolah saat mendaftar PPDB Jalur Zonasi.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News