Kunjungan Wisatawan di Sumenep Naik 300 Persen, Berkat Ini

Sabtu, 24 Juni 2023 – 18:08 WIB
Kunjungan Wisatawan di Sumenep Naik 300 Persen, Berkat Ini - JPNN.com Jatim
Event Parade Musik Tong-Tong di Sumenep yang dihadiri ribuan masyarakat. Foto: Dok. Pemkab Sumenep.

jatim.jpnn.com, SUMENEP - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep meraih prestasi di bidang pariwisata pada tahun 2022. Hal tersebut berdampak pada jumlah wisatawan sebesar 300 persen. 

Kenaikan tiga kali lipat itu menjadi bukti keberhasilan Bupati Sumenep Achmad Fauzi memajukan sektor wisata di wilayahnya. 

Berdasarkan data dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumenep, hingga Desember 2022 jumlah kunjungan wisata mencapai 1,05 juta orang. 

Jumlah tersebut naik 809 ribu dari tahun 2021 yang hanya 248 ribu wisatawan. Dari Data yang dihimpun, sampai akhir 2022 kunjungan wisatawan terpesona dengan keindahan alam dan keunikan budayanya.

"Para wisatawan memang sangat menikmati panorama alam dan uniknya budaya lokal Sumenep," kata Fauzi tertulis, Sabtu (24/6).

Fauzi mengaku bersyukur dengan peningkatan kunjungan wisatawan karena berdampak signifikan terhadap perekonomian di Sumenep. 

Kunjungan wisatawan menghidupkan sektor UMKM dan membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat di pedesaan.

"Para wisatawan memberikan keberkahan tersendiri bagi masyarakat Sumenep. UMKM kami tumbuh dan pengangguran terbuka kami penurunannya paling baik di Jatim,” ujarnya.

Jumlah wisatawan di Sumenep meningkat tiga kali lipat sejak 2022 berkat hal berikut.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News