Positif Hamil, Satu Calon Haji Asal Kediri Tunda Keberangkatan ke Tanah Suci

Rabu, 07 Juni 2023 – 17:00 WIB
Positif Hamil, Satu Calon Haji Asal Kediri Tunda Keberangkatan ke Tanah Suci - JPNN.com Jatim
Calon haji saat tiba di Asrama Haji Embarkasi Surabaya. Foto: Dok PPIH

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Satu calon haji (calhaj) wanita asal Kabupaten Kediri yang tergabung dalam kloter 30 ditunda keberangkatannya lantaran positif hamil.

Dia dinyatakan positif hamil berdasarkan hasil pemeriksaan urine untuk jemaah wanita usia subur saat kedatangan kloter 30 pada Minggu (4/6).

Ketua PPIH Embarkasi Surabaya Husnul Maram mengatakan setelah dilakukan pemeriksaan kesehatan usia kehamilannya mencapai tujuh minggu sehingga keberangkatan ke Tanah Suci harus ditunda.

Itu berdasarkan aturan Permenkes 15/2016 tentang istithaah kesehatan jemaah haji bahwa wanita hamil yang diprediksi usia kehamilannya pada saat keberangkatan kurang dari 14 minggu atau lebih dari 26 minggu ditetapkan tidak memenuhi kemampuan ibadah haji aspek kesehatan (istithaah).

"Maka beliau ditunda keberangkatannya tahun ini," kata Husnul.

Husnul mengungkapkan hingga saat ini hanya ada satu calon haji wanita yang mengalami tunda berangkat karena hamil.

“Hingga saat ini Asrama Haji Embarkasi Surabaya telah memberangkatkan 33 kloter dengan total 14.634 atau sekitar 40 persen dari jumlah keseluruhan jemaah yang akan diberangkatan,” ucap Husnul. (mcr23/jpnn)

Satu calon haji wanita asal Kabupaten Kediri ditunda keberangkatannya ke Tanah Suci karena sedang hamil.

Redaktur : Fahmi Azis
Reporter : Ardini Pramitha

Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News