Mbah Soleh, Calhaj Tunanetra yang Mau 2 Kali Ini ke Tanah Suci dalam Setengah Tahun

Selasa, 30 Mei 2023 – 16:52 WIB
Mbah Soleh, Calhaj Tunanetra yang Mau 2 Kali Ini ke Tanah Suci dalam Setengah Tahun - JPNN.com Jatim
Calon haji (Calhaj) tuna netra kloter 13 asal Magetan Moh Soleh (77) (kiri) dan istrinya Putinah (kanan) saat tiba di Asrama Haji Embarkasi Surabaya. Foto: PPIH Asrama Haji Embarkasi Surabaya

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Calon haji (calhaj) kloter 13 asal Magetan, Moh Soleh (77) bahagia dan bersyukur akhirnya bisa berangkat ke tanah suci.

Calhaj tunanetra tersebut berangkat tanah suci bersama istrinya, Putinah setelah mendaftar pada 2011.

Dia menceritakan keinginan untuk menunaikan ibadah haji itu muncul sejak anak-anaknya masih duduk di bangku sekolah.

“Saat anak-anak masih sekolah, timbul niatan dalam hati saya kalau anak-anak sudah lulus kuliah, mentas semua dan jika tanah yang saya punya masih ada, saya akan menjualnya untuk daftar haji,” katanya.

Waktu terus berlalu, pria kelahiran 1946 itu akhirnya berhasil membiayai sekolah anak-anaknya hingga lulus sarjana pada 2011.

“Saat itu, anak-anak saya sudah selesai kuliah semua. Alhamdulilah, ternyata tanah yang saya miliki tidak sampai terjual semua untuk biaya sekolah anak sehingga masih ada sisa tanah yang bisa dijual untik daftar haji,” ujarnya.

Menurutnya, sisa tanah yang dijual ternyata tidak mampu mencukupi biaya daftar haji sehingga dia beserta istri meminjam dana talangan untuk menutupi biaya haji.

“Kebetulan saya masuk cadangan. Saya baru dua minggu yang lalu mendapat kabar kalau jadi berangkat ke tanah suci," tuturnya.

Calon haji tunanetra asal Magetan itu merasa bahagia dan bersyukur akhirnya bisa berangkat ke tanah suci
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News