19 Calon Haji Kota Madiun Belum Lulus Pemeriksaan Kesehatan

Rabu, 07 Februari 2024 – 16:59 WIB
19 Calon Haji Kota Madiun Belum Lulus Pemeriksaan Kesehatan - JPNN.com Jatim
Belasan calon haji asal Kota Madiun belum lolos pemeriksaan kesehatan. Foto/Ilustrasi: ANTARA/HO-Kemenag Sumbar

jatim.jpnn.com, MADIUN - Sebanyak 19 calon haji asal Kota Madiun yang masuk jadwal keberangkatan tahun ini tidak lulus pemeriksaan kesehatan karena diabetes.

Kabar itu dikonfirmasi oleh kepala Sub Koordinator Pengelolaan Pelayanan Penyakit Menular dan Tidak Menular Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan KB Kota Madiun Tri Wahyuning Novitasari, Rabu (7/2).

"Dari 220 calon haji yang ada, sebanyak 201 di antaranya sudah berstatus istithaah kesehatan, sedangkan 19 orang lainnya masih berstatus istithaah kesehatan sementara," katanya.

Menurutnya, belasan calon haji yang berstatus istithaah kesehatan sementara itu kebanyakan karena diabetes. Hal itu terlihat dari hasil pemeriksaan HbA1c yang masih tinggi.

HbA1c adalah pemeriksaan secara akurat dan tepat dalam mengukur kadar gula darah yang kronis serta berkorelasi positif dengan terjadinya risiko komplikasi diabetes.

Maka itu, belasan calon haji tersebut masih akan dilakukan pengobatan lanjutan.

"Jadi, nanti kami berikan rujukan untuk pemeriksaan lanjutan. Rujukannya sesuai dengan faskes atau dokter yang dikehendaki. Setelahnya, akan kami evaluasi lagi dalam 1-2 bulan ke depan," ujarnya.

Dia mewanti-wanti agar belasan calon haji itu harus aktif menjaga kesehatan, seperti rutin minum obat serta diet gula agar kadar gula darah normal.

Para calon haji asal Kota Madiun yang rencananya diberangkatkan tahun ini dinyatakan belum lulus pemeriksaan kesehatan. Ada masalah apa?
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia