Hardiknas 2023, Gubernur Khofifah Sebut Pendidikan Harus Relevan di Era Digital

Rabu, 03 Mei 2023 – 13:34 WIB
Hardiknas 2023, Gubernur Khofifah Sebut Pendidikan Harus Relevan di Era Digital - JPNN.com Jatim
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menekankan pendidikan harus relevan dengan zaman. Foto: Humas Pemprov Jatim.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyatakan bahwa pendidikan harus relevan dengan zaman seiring dengan pesatnya perubahan di era digital.

Menurutnya, tren dunia kerja saat ini sangat dinamis, apalagi perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat pesat.

"Pertukaran informasi kini terjadi begitu pesat tanpa batasan ruang dan waktu," kata Khofifah saat memperingati Hari Pendidikan Nasional di Surabaya, Selasa (2/5).

Khofifah menyebut era digital menjadi peluang sekaligus tantangan yang harus dijawab dengan konsep pendidikan di Tanah Air. Salah satunya, dengan mengajak seluruh insan pendidikan serentak bergerak mewujudkan merdeka belajar.

"Konsep pendidikan merdeka belajar harus mampu melahirkan berbagai kreativitas baru dan juga inovasi yang terus berkelanjutan untuk mewujudkan Indonesia Emas," ujarnya.

Mantan Mensos itu mengungkapkan agar bisa bersaing di pasar global dituntut untuk terbuka dan adaptif tanpa melupakan tradisi serta budaya bangsa.

"Pendidikan yang relevan dengan zaman, nafasnya harus tersusun seiring dan mengiringi perubahan dan industri digital," tuturnya.

Dia mengibaratkan seperti rel kereta api yang harus selaras dan simetris.

"Ibarat stasiun sebagai tempat anak-anak didik belajar adalah skill yang mumpuni sesuai bidangnya, karakter yang kuat dan kemampuan menyesuaikan diri dengan lingkungan yang cepat berubah-ubah, tidak menentu, sangat kompleks dan ambigu yang disebut volatility, uncertainty, complexity and ambiguity atau VUCA," jelasnya.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa memberikan wejangan saat peringatan Hardiknas 2023, begini kalimatnya.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News