Ciptakan Inovasi, Siswa Binaan YISB Raih Medali Perak dan Emas di Ajang YISF

Selasa, 14 Maret 2023 – 18:34 WIB
Ciptakan Inovasi, Siswa Binaan YISB Raih Medali Perak dan Emas di Ajang YISF - JPNN.com Jatim
Lima siswa dari MI Dewi Sartika Surabaya saat menunjukkan inovasi effervescent berbahan eceng gondok yang berfungsi menghancurkan zat logam berat pada air, Selasa (14/3). Foto: Arry Saputra/JPNN)

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Tiga tim binaan Yayasan Indonesia Sejahtera Barokah (YISB) dikirim mengikuti ajang Youth International Science Fair (YISF) di Bali pada 8-12 Maret 2023.

Tim pertama dari MI Dewi Sartika Surabaya yang mendapatkan medali emas. Mereka berhasil mengalahkan perwakilan dari 30 negara pada kategori environmental technology kelas SD.

Tim ahli dari YISB Budi Santoso menjelaskan MI Dewi Sartika membuat inovasi effervescent berbahan eceng gondok yang berfungsi menghancurkan zat logam berat pada air.

“Logam berat pada air apabila terlalu banyak bisa membuat berbagai macam penyakit kulit,” kata Budi, Selasa (14/3).

Ciptakan Inovasi, Siswa Binaan YISB Raih Medali Perak dan Emas di Ajang YISF

Tim Papua Bisa asal Manokwari meneliti tingkat kejernihan air di Manokwari berdasarkan kandungan invertebrata mendapatkan medali emas dalam ajang YISF di Bali. Foto: Arry Saputra/JPNN.

Pembuatan effervescent eceng gondok terinspirasi dari lingkungan sekitar kelima siswa tersebut tinggal. banyak aliran air di lingkungan mereka memiliki kandungan ion logam berat yang tinggi.

“Kelima siswa itu mulai mempelajari jurnal nasional hingga internasional. Setelah itu kami review menemukan eceng gondok, yang pada tangkainya punya kekuatan mengikat ion logam berat,” jelasnya.

Tiga tim binaan dari YSIB meraih medali perak dan emas dalam ajang YSIF atas inovasi yang mereka buat.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News