Mensos Risma Dorong Inovasi ITS Bantu Persoalan Masyarakat di Daerah 3T

Kamis, 09 Maret 2023 – 12:03 WIB
Mensos Risma Dorong Inovasi ITS Bantu Persoalan Masyarakat di Daerah 3T - JPNN.com Jatim
Mensos Tri Rismaharini saat menjadi pembicara dalam studium generale di Kampus ITS, Rabu (8/3). Foto: Arry Saputra/JPNN.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Menteri Sosial Tri Rismaharini mendorong inovasi dari mahasiswa dan civitas academica Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya membantu persoalan masyarakat di daerah tertinggal, terluar, dan terpencil (3T).

"Saya mendorong mahasiswa dan civitas academica ITS menghasilkan inovasi dan teknologi untuk membantu masyarakat di daerah 3T," kata Risma sesuai menjadi pembicara dalam studium generale di Kampus ITS, Rabu (8/3).

Risma mengapresiasi ITS yang sudah memberikan karya inovatif untuk bangsa dan negara. Mantan Wali Kota Surabaya itu mencontohkan inovasi yang sudah membantu Kemensos selama ini.

"Di beberapa kasus kami dibantu ITS. Misalnya, hunian rumah tahan gempa, mikrohidro, dan kapal. Inovasi ini semua dikerjakan dengan transfer knowledge," ujarnya.

Dengan begitu, inovasi yang diciptakan ITS bukan hanya proyek semata, tetapi terdapat pendidikan melalui pendampingan ke masyarakat secara langsung.

"Teman-teman ITS juga mendampingi masyarakat di daerah Papua misalnya, meski medannya berat," ucapnya.

Menurutnya, teknologi yang dibuat ITS sangat bermanfaat. Hal tersebut terlihat dari hasil kerja sama yang terbangun sejak Risma menjabat sebagai Wali Kota Surabaya hingga Mensos.

Inovasinya tak kalah dengan teknologi di pasaran, bahkan secara fungsi sama, tetapi dari segi harga lebih murah dan terjangkau.

Mensos Risma mendorong inovasi yang dibuat mahasiswa ITS bisa membantu persoalan masyarakat di daerah 3T.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News