7 Desa di Trenggalek Dilanda Bencana Tanah Gerak, Warga Mulai Direlokasi

Kamis, 09 Maret 2023 – 17:25 WIB
7 Desa di Trenggalek Dilanda Bencana Tanah Gerak, Warga Mulai Direlokasi - JPNN.com Jatim
Kondisi rumah warga terdampak tanah gerak di Trenggalek (ANTARA/HO - BPBD Trenggalek)

jatim.jpnn.com, TRENGGALEK - Tujuh desa di lima kecamatan Kabupaten Trenggalek dilanda tanah gerak selama Januari hingga Maret 2023. Bencana tersebut menimbulkan kerugian material cukup besar.

Sekretaris BPBD Trenggalek Tri Puspita Sari mengatakan tujuh desa yang dilanda bencana tanah gerak baru itu meliputi Desa Gading dan Desa Nglinggis Kecamatan Tugu, Desa Joho Kecamatan Pule.

Kemudian Desa Terbis dan Manggis Kecamatan Panggul, Desa Nglebo Kecamatan Suruh dan Desa Ngerdani Kecamatan Dongko.

“Tidak ada korban jiwa dalam serangkaian kejadian ini, tetapi dampak kerugian cukup besar. Selain bangunan rusak dan tidak dapat dihuni, warga saat ini harus mengungsi ke tempat aman,” kata Tri, Rabu (8/3).

Sebagian warga terdampak, seperti di Desa Sumurup, Kecamatan Bendungan sudah direlokasi. Namun, sebagian lagi masih dalam proses penanganan.

Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin mengatakan pihaknya telah menindaklanjuti sejumlah laporan musibah tanah gerak tersebut.

Tak hanya memfasilitasi penyediaan tenda, dapur umum, dan kebutuhan logistik warga korban tanah gerak. Namun, juga melakukan serangkaian evaluasi dengan sejumlah pihak untuk mencari tempat relokasi yang aman.

“Beberapa tempat sudah kami evaluasi untuk relokasi dan proses pembangunannya bertahap, tidak bisa secara bersamaan,” jelasnya.

Sebanyak tujuh desa di Trenggalek dilanda bencana tanah gerak menyebabkan kerugian material cukup besar.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News