Tanah Longsor Terjang Kemuning Lor Jember, Alhamdulillah Korban Jiwa Nihil

Jumat, 03 Maret 2023 – 16:32 WIB
Tanah Longsor Terjang Kemuning Lor Jember, Alhamdulillah Korban Jiwa Nihil - JPNN.com Jatim
Petugas membersihkan rumah warga yang terdampak longsor di Desa Kemuning Lor, Kecamatan Arjasa, Kamis (2/3/2023). ANTARA/HO-BPBD Jember

jatim.jpnn.com, JEMBER - Bencana tanah longsor melanda Desa Kemuning Lor, Kecamatan Arjasa, Jember, Kamis (2/3). Akibatnya, tiga rumah warga setempat pun turut terdampak.

"Tidak ada korban jiwa," kata Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember Heru Widagdo.

Menurutnya, tanah longsor menyapu dua lokasi di Desa Kemuning Lor. Lokasi pertama menyebabkan akses jalan menuju objek wisata Rembangan tidak bisa dilalui. Lokasi kedua, material longsor menimpa rumah warga.

"Longsoran tanah beserta material batu menimpa rumah warga, yakni milik Sukawar, Jajang Andriana, dan Rosit, sehingga petugas gabungan juga membersihkan rumah warga," tuturnya.

Selain itu, longsoran berupa material tanah dan batu, selebar 25 meter dan tinggi 10 meter juga menerjang Desa Mulyorejo, Kecamatan Silo.

Dampaknya, akses jalan penghubung Desa Harjomulyo dengan Desa Mulyorejo tidak bisa dilalui.

Bukan hanya tanah longsor, banjir luapan juga menerjang sejumlah kawasan di Jember, yakni di Kelurahan Jember Kidul (Kecamatan Kaliwates). Salah satunya, rumah pribadi Bupati Jember Hendy Siswanto.

"Di Kelurahan Jember Kidul , puluhan rumah warga terendam banjir dengan ketinggian 50-120 cm sehingga petugas langsung mengevakuasi (warga) ke tempat yang aman," ujarnya.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam bencana tanah longsor di Desa Kemuning Lor, Jember, kemarin. Namun, kerugian materiel tidak dapat dihindari.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News