Pengamat: Reaktivasi Jalur Kereta Madura Lebih Realistis Ketimbang Tol

Jumat, 17 Februari 2023 – 19:10 WIB
Pengamat: Reaktivasi Jalur Kereta Madura Lebih Realistis Ketimbang Tol - JPNN.com Jatim
Pengamat Politik Universitas Trunojoyo Madura Surokim Abdussalam. Foto: Dok. Pribadi Surokim untuk JPNN

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Pengamat Politik dari Universitas Trunojoyo Madura Surokim menyatakan reaktivasi jalur kereta yang disuarakan Bupati Sumenep adalah ide bagus.

Menurutnya hal tersebut lebih realistis dan ekonomis, jika dibandingkan dengan proyek Tol Madura 

“Paling tidak, reaktivasi jalur kereta Madura akan lebih mudah direalisasikan dan lebih ekonomis jika dilihat dari sisi investasi,” kata Surokim tertulis, Jumat (17/2).

Dia menilai dihidupkannya kembali jalur kereta akan membawa multi efek bagi Madura, khususnya membuka wilayah dan mempermudah akses terhadap wilayah Madura timur,” ujarnya.

Jalur kereta api bagi masyarakat Madura tak sekadar menjadi memorabilia, tetapi bisa mengurangi beban transportasi darat yang selama ini sering macet di simpul-simpul pasar sepanjang perjalanan darat Bangkalan-Sumenep.

“Kalau ini terealisasi bakal ada banyak implifikasi. Selain bisa memperpendek waktu tempuh antardaerah juga membuka peluang mengembangkan pariwisata dan peluang ekonomi lainnya,” tuturnya.

Selain itu, mobilitas warga bisa cepat, termasuk menjangkau wilayah Sumenep.

“Potensi-potensi wisata di Sumenep dan wilayah kepulauan timur akan terjangkau dan mudah di akses dengan kemudahan transportasi,” ucapnya. (mcr12/jpnn)

Pengamat menilai reaktivasi jalur kereta di Madura lebih realistis dan ekonomis jika dibandingkan dengan pembangunan tol.

Redaktur & Reporter : Arry Dwi Saputra

Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News