Elektabilitas Khofifah-Emil Tinggi, Pengamat: Paslon Lain Sulit Mengejarnya

Senin, 30 September 2024 – 15:03 WIB
 Elektabilitas Khofifah-Emil Tinggi, Pengamat: Paslon Lain Sulit Mengejarnya - JPNN.com Jatim
Paslon Nomor Urut 2 Pilgub Jatim Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak saat Deklarasi Kampanye Damai di Tugu Pahlawan, Surabaya, Selasa (24/9). Foto: Arry Saputra/JPNN

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim nomor urut 2 Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak unggul di sejumlah lembaga survei yang merilis hasil terbaru elektroal tiga paslon di Pilgub Jatim 2024.

Dalam survei Indikator Politik Indonesia dengan simulasi tiga paslon, elektabilitas Khofifah-Emil di angka 61,2 persen, disusul Tri Rismaharini-Zahrul Azhar Asumta Gus Hans 26 persen, dan Luluk Nur Hamidah-Lukmanul Khakim 2,2 persen. Adapun 0,5 responden memilih golput dan 10,2 persen tidak menjawab.

Pengamat Politik Unair Fahrul Muzaqqi menilai secara teori, elektoral Khofifah-Emil sangat berat dikejar dua paslon lainnya.

"Secara teori sangat-sangat berat mengejar elektabilitas Khofifah-Emil, tetapi tetap saja, di dalam politik segala sesuatu masih bisa terjadi," kata Fahrul tertulis, Senin (30/9).

Fahrul menyebut Khofifah-Emil telah mencapai batas ambang psikologis elektoral bagi paslon petahana, yaitu di angka 60 persen.

"Angka itu cukup nyaman bagi paslon petahana. Dan rasanya dengan waktu yang tidak sampai dua bulan, berat sekali mengejar elektoral Khofifah-Emil," ujarnya.

Dia menjelaskan dari hasil survei itu yang belum menentukan hanya di bawah 15 persen. Apabila angka itu diambil semua oleh paslon terdekat, yaitu nomor 3 maka hasilnya akan sama, belum sampai mengejar.

"Hanya mengikis selisih angka dan undecided voters biasanya juga tersebar ke semua paslon, tidak merujuk ke satu paslon saja," tuturnya.

Khofifah-Emil mendapatkan elektabilitas tertinggi dari dua paslon lainnya, target suara masih belum banyak terkejar.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News