Omah Rembug Adhyaksa, Solusi Keadilan Restoratif di Lingkungan Pendidikan

Selasa, 14 Februari 2023 – 10:28 WIB
Omah Rembug Adhyaksa, Solusi Keadilan Restoratif di Lingkungan Pendidikan - JPNN.com Jatim
Kajari Surabaya Joko Budi Dharmawan dan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Jatim wilayah Surabaya-Sidoarjo Lutfi Isa Anshory (dari kiri) saat meresmikan Omah Rembug Adhyaksa di SMKN 5 Surabaya. Foto: Arry Saputra/JPNN.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Cabang Dinas Pendidikan Jatim wilayah Surabaya-Sidoarjo melakukan MoU dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) Surabaya dalam program rumah restorative justice atau keadilan restoratif (RRJ) di lingkungan pendidikan.

Kerja sama tersebut dalam bentuk Omah Rembug Adhyaksa di SMKN 5 Surabaya yang ditunjuk sebagai pusat RRJ untuk persoalan yang ditemui di lingkungan SMA/SMK negeri dan swasta.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Jatim wilayah Surabaya-Sidoarjo Lutfi Isa Anshory mengatakan program RRJ menjadi solusi di tengah maraknya aksi tawuran, perundungan, hingga peredaran narkoba yang tak menutup kemungkinan bisa terjadi di lingkungan sekolah.

Implementasi RRJ diharapkan bisa membantu meringankan dan memberikan wawasan dalam dunia pendidikan mengenai persoalan hukum.

Omah Rembug Adhyaksa, Solusi Keadilan Restoratif di Lingkungan Pendidikan

"Dengan adanya Omah Rembug Adhyaksa permasalahan pendidikan yang kompleks benar-benar bisa diatasi dengan mediasi di tempat ini. Tentunya ini semua bisa dilakukan dengan bimbingan dari kejaksaan," kata Lutfi beberapa waktu lalu.

Menurutnya, dengan adanya RRJ menjadi oase bagi beberapa kasus yang terjadi di sekolah yang berakhir di pengadilan. Semua persoalan bisa dijembatani lewat omah rembug.

"Harapan kami juga ada penyuluhan hukum pada anak-anak dan warga sekolah agar bisa dipikirkan berawal dari omah rembug ini. Ke depan kami yakin akan lebih baik dan banyak manfaatnya," ujarnya.

Cabang Dinas Pendidikan Jatim dan Kejari Surabaya meresmikan Omah Rembuh Adhyaksa solusi persoalan hukum di lingkungan pendidikan.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News