Wali Kota Eri Ungkap Penyebab Meningkatnya Kasus Diabetes di Surabaya, Ternyata

Senin, 13 Februari 2023 – 09:05 WIB
Wali Kota Eri Ungkap Penyebab Meningkatnya Kasus Diabetes di Surabaya, Ternyata - JPNN.com Jatim
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi. Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengungkapkan meningkatnya kasus diabetes pada anak, 80 persen dipengaruhi faktor makanan yang dikonsumsi, bukan genetik.

Dinas Kesehatan Kota Surabaya mencatat ada 184 kasus diabetes pada anak tahun 2022. Kasus ini meningkat dibandingkan tahun 2021 yang mencapai 172 kasus.

“Jadi, memang 80 persen faktor anak terkena diabetes karena pola makanan, bukan karena genetik,” kata Eri, Minggu (12/2).

Menurutnya, setiap anak memiliki gen yang lemah dan tidak. Maka dari itu, diperlukan pengawasan yang ketat dari orang tua.

"Ketika ada anak yang gennya lemah di situlah peran orang tua untuk mengawasi. Tak terkecuali dengan anak-anak yang punya gen kuat. Misalnya, punya gen kuat, tetapi pola makan tidak diatur ya tidak bisa bertahan,” katanya.

Eri mengatakan banyak anak-anak yang sering makan di pinggir jalan. Jajan di luar memang tidak higienis dan kurang sehat, apalagi kandungan jajanan tersebut tak terkontrol.

“Banyak sekolah yang masih membiarkan siswa-siswa dibiarkan beli makanan atau jajanan di luar,” ujarnya.

Maka dari itu, pihaknya meminta sekolah-sekolah untuk menyediakan kantin yang diisi oleh UMKM.

Kasus Diabetes pada anak di Surabaya meningkat, Wali Kota Eri minta orang tua kontrol makanan yang dikonsumsi.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News