APG Gunung Semeru Sudah Meluncur Sejauh 19 Kilometer

Senin, 05 Desember 2022 – 11:05 WIB
APG Gunung Semeru Sudah Meluncur Sejauh 19 Kilometer - JPNN.com Jatim
Gunung Semeru erupsi melontarkan kolom abu setinggi lebih lebih kurang 500 meter pada pukul 07:02 WIB, Jumat (25/11/2022). (ANTARA/HO-PVMBG)

jatim.jpnn.com, LUMAJANG - Hasil pemantauan di lapangan oleh tim PVMBG dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang mencatat luncuran awan panas guguran (APG) sudah mencapai 19 kilometer.

Kabid Kedaruratan BPBD Kabupaten Lumajang Koko Sambang menyebut luncuran APG, bahkan sudah sampai hingga Jembatan Gladak Perak.

"Abu vulkanik Gunung Api Semeru juga dilaporkan membumbung tinggi berwarna abu dan hitam pekat. Jarak pandang sangat terbatas karena abu sudah mulai turun ditambah turun hujan di sekitar lokasi," kata Koko, Minggu (4/12).

Pada kesempatan yang sama, Koko menyampaikan situasi saat ini di Kajar Kuning hujan deras dan abu pekat.

BPBD Kabupaten Lumajang juga merinci ada sebanyak 93 warga dievakuasi ke pengungsian yang berlokasi di Balai Desa Sumberurip, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang.

"Kami akan terus berkoordinasi dengan Badan Geologi, PVMBG, BNPB, TNI, Polri dan instansi terkait dalam pengembangan data dan informasi terkait erupsi Gunung Api Semeru," tegasnya.

Masyarakat diimbau untuk tidak terpancing oleh berita-berita yang tidak dapat dipertanggungjawabkan mengenai aktivitas Gunung Semeru.

"Tetap mengikuti arahan dari Instansi yang berwenang yakni Badan Geologi yang akan terus melakukan koordinasi dengan BNPB dan K/L, Pemda, dan instansi terkait lainnya," tandas Koko. (mcr23/jpnn)

Luncuran Awan Panas Guguran (APG) Gunung Semeru sudah mencapai 19 kilometer

Redaktur : Arry Dwi Saputra
Reporter : Ardini Pramitha

Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News