Gunung Semeru Erupsi Lagi Pagi Ini, Masyarakat Sekitar Harap Waspada

Jumat, 25 November 2022 – 14:47 WIB
Gunung Semeru Erupsi Lagi Pagi Ini, Masyarakat Sekitar Harap Waspada - JPNN.com Jatim
Gunung Semeru erupsi melontarkan kolom abu setinggi lebih lebih kurang 500 meter pada pukul 07:02 WIB, Jumat (25/11/2022). (ANTARA/HO-PVMBG)

jatim.jpnn.com, LUMAJANG - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan bahwa Gunung Semeru mengeluarkan erupsi, Jumat (25/11).

Petugas Pos Pantau Gunung Semeru Nur Rokhman Hidayat memerinci erupsi itu terjadi pada pukul 07:02 WIB dengan tinggi kolom abu teramati lebih kurang 500 meter di atas puncak.

Dia mengatakan erupsi itu terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 22 mm dan durasi lebih kurang 1 menit 30 detik

"Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah timur laut," ujar Rokman melalui keterangan resminya.

PVMBG menyatakan Gunung Semeru saat ini masih berada dalam status siaga atau level III.

Masyarakat diimbau tidak melakukan aktivitas apapun di sektor tenggara di sepanjang Besuk Kobokan sejauh 13 kilometer dari puncak atau pusat erupsi.

Di luar jarak tersebut, masyarakat tidak melakukan aktivitas pada jarak 500 meter dari tepi sungai (sempadan sungai) di sepanjang Besuk Kobokan.

Hal tersebut untuk mengantisipasi potensi perluasan awan panas dan aliran lahar hingga jarak 17 kilometer dari puncak.

Masyarakat diimbu tidak melakukan aktivitas apapun di sektor tenggara di sepanjang Besuk Kobokan sejauh 13 kilometer dari puncak atau pusat erupsi Gunung Semeru
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News