Jumlah Dokter Tak Sepadan dengan Penduduk, UPN Veteran Jatim Buka Fakultas Kedokteran

Jumat, 25 November 2022 – 21:30 WIB
Jumlah Dokter Tak Sepadan dengan Penduduk, UPN Veteran Jatim Buka Fakultas Kedokteran - JPNN.com Jatim
Dirjen Tenaga Kesehatan Kemenkes saat visitasi sarana prasarana untuk Fakultas Kedokteran di UPN Veteran Jatim, Jumat (25/11). Foto: Arry Saputra/JPNN.com.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Dirjen Tenaga Kesehatan Kementerian Kesehatan Drg Aryanti Araya menyampaikan jumlah dokter di Indonesia saat ini berada pada posisi tiga terendah berdasarkan WHO.

Di Jawa Timur sendiri, penduduk sebanyak 41 juta jiwa, tetapi jumlah dokternya 13.166 sehingga kekurangan 27.897 dokter.

“Sesuai penandatanganan SKB Menkes dan Mendikbud pada 12 Juli ada kebijakan peningkatan kuota mahasiswa dokter dan dokter spesialis, memperbanyak dosen dengan NIDK, serta menambah rumah sakit pendidikan,” ujar Aryanti di UPN Veteran Jatim, Jumat (25/11).

Saat ini, kata dia, sudah terdapat 92 Fakultas Kedokteran (FK) di 31 dari 34 provinsi di Indonesia. Namun, keberadaan dokter masih belum merata di seluruh daerah.

Sebanyak empat Fakultas Kedokteran (FK) penugasan dibentuk di provinsi, yakni di Bangka Belitung, Sulawesi Barat, Kalimantan Utara, dan Kepri.

“Saat ini ada 18 FK pengajuan yang dalam tahap visitasi dan menunggu pencabutan moratorium pendirian FK,” katanya. 

Dari 18 FK itu, beberapa di antaranya berasal dari Jatim, seperti Universitas Negeri Malang, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Unida Gontor, Universitas Bhakti Wiyata, Universitas Darul Ulum, Unesa, dan UPN.

“Kota besar di Jawa Timur memang sudah ada beberapa fakultas kedokteran. Untuk membuka lagi, sekarang ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan, bukan hanya sarana, tetapi di daera lain  yang masih kekurangan,” tuturnya.

UPN Veteran Jatim bakal membuka Fakultas Kedokteran untuk menambah dokter yang tidak sepadan dengan jumlah masyarakat saat ini.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News