Soal Gagal Ginjal Akut, Menko PMK Muhadjir Punya Permintaan Kepada BPOM, Harus Begini

Minggu, 30 Oktober 2022 – 18:00 WIB
Soal Gagal Ginjal Akut, Menko PMK Muhadjir Punya Permintaan Kepada BPOM, Harus Begini - JPNN.com Jatim
Menko PMK Muhadjir Effendy meminta BPOM melakukan uji petik dalam setiap produksi obat mencegah bahan baku yang digunakan berpotensi menyebabkan gagal ginjal akut. Foto: Arry Saputra/JPNN.com.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy meminta pengawasan terhadap bahan baku impor yang digunakan untuk memproduksi obat-obatan sirup.

Permintaan itu setelah munculnya pelarangan konsumsi obat sirup kepada anak-anak karena bisa menyebabkan gagal ginjal akut.

Muhadjir beranggapan bahwa ada kemungkinan bahan baku obat-obatan sirup yang dikaitkan dengan gagal ginjal akut kepada anak berasal dari impor. BPOM diminta segera bertindak dalam mengawasinya.

"BPOM perlu dilibatkan dalam pengawasan obat bahan baku impor untuk obat-obatan dan makanan. Jadi, tidak bisa hanya Kemendag," ujar Muhadjir di Surabaya, Sabtu (29/10).

Menurut dia, BPOM harus melakukan uji petik setiap produksi dari pabrik per batch karena tidak bisa disetujui dalam sekali uji.

"Setiap batch bisa jadi menggunakan bahan baku yang berbeda makanya harus dilakukan uji petik setiap produksi," tuturnya.

Untuk saat ini, lanjut Muhadjir, pencegahan yang bisa dilakukan sesuai instruksi presiden, yaitu segera menarik dan menghentikan peredaran obat sirup yang terbukti berpotensi menyebabkan gagal ginjal akut kepada anak.

"Ada arahan, terutama sirup yang didalamnya mengandung empat bahan penolong harus ditarik semua, tidak boleh diedarkan. Kemudian untuk yang tidak mengandung tiga sampai empat bahan penolong harus diumumkan di masyarakat," ujarnya.

Menko PMK Muhadjir Effendy meminta BPOM melakukan uji petik terhadap produksi obat sirup.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News