Telemidicine Jadi Solusi Mempermudah Pelayanan di Dunia Kesehatan

Kamis, 20 Oktober 2022 – 09:05 WIB
Telemidicine Jadi Solusi Mempermudah Pelayanan di Dunia Kesehatan - JPNN.com Jatim
Ketua Yarsis M Nuh saat menjadi pembicara dalam Stadium Generale menghadapi tantangan dan peluang pelayanan kesehatan masa depan. Foto: Humas Unusa

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Ketua Yayasan Rumah Sakit Islam Surabaya (Yarsis) M Nuh memaparkan peran teknologi yang pesat membuat pergeseran pelayanan dunia kesehatan makin terlihat.

Dia membandingkan kalau mau mendaftar berobat harus ke rumah sakit dengan waktu yang lama, sedangkan pada masa kini cukup lewat handphone pasien makin mudah registrasi.

"Pasien juga tidak harus ke rumah sakit cukup daftar online semuanya bisa teratasi," kata M Nuh dalam acara Stadium Generale Unusa, Rabu (19/10).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut menilai dari situ membuat masyarakat tidak ingin ribet dalam pelayanan kesehatan.

Maka dari itu, ke depan telemedicine akan dipilih masyarakat untuk konsultasi kesehatan tanpa harus datang ke rumah sakit.

"Kepada mahasiswa kedokteran serta profesi ners atau perawat agar tidak hanya menguasai ilmu yang ditekuni, tetapi melek teknologi supaya bisa menghadapi kemajuan dalam dunia kesehatan,” tuturnya.

Dengan kondisi ini, M Nuh menilai kemajuan itu menjadi tantangan tersendiri bagi mahasiswa. Bukan soal ilmu saja yang digeluti saat ini, tetapi juga harus menguasai komunikasi terhadap pasien.

"Ketika pasien saat berkonsultasi dengan tenaga medis tentang kesehatannya maka nantinya menjadi lebih tenang," tandas M Nuh. (mcr23/jpnn)

Stadium Generale Unusa, M Nuh paparkan peran teknologi dalam dunia kesehatan

Redaktur : Arry Dwi Saputra
Reporter : Ardini Pramitha

Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News