Rumah Warga di Kecamatan Tempursari Hilang Disapu Ombak Setiap Tahun

Senin, 26 September 2022 – 12:04 WIB
Rumah Warga di Kecamatan Tempursari Hilang Disapu Ombak Setiap Tahun - JPNN.com Jatim
Bangunan rumah milik nelayan di Desa Bulurejo Kecamatan Tempursari Kabupaten Lumajang hilang disapu ombak. Foto: Source Polres Lumajang for JPNN.com

jatim.jpnn.com, LUMAJANG - Ombak besar di Pantai Selatan Jawa dalam beberapa minggu terakhir mengalami kenaikan gelombang. Kondisi tersebut ditambah dengan hujan dengan intensitas tinggi.

Hal tersebut mengakibatkan tujuh rumah di Desa Bulurejo, Kecamatan Tempursari, Kabupaten Lumajang hilang disapu ombak atau terkena abrasi.

Seorang warga bernama Sagito (63) mengatakan setiap tahun ombak besar mengakibatkan kerugian bagi masyarakat. Akhir-akhir ini sebanyak tujuh rumah dan bangunan milik nelayan hilang ditelan ombak.

“Peristiwa terakhir sebanyak tujuh rumah, termasuk rumah saya. Ombak besar lebih dari empat meter datang malam hari bersamaan dengan meluapnya air, untung warga sudah mengungsi duluan, tidak ada korban jiwa,” ujar Gito, Sabtu (24/9).

Menurut dia, ombak yang datang memang sangat besar. Air terus naik dan menyebabkan bangunan ikut tersapu dan sebagian masih tersisa

Rumah warga yang terhantam ombak dipastikan tidak bisa dihuni kembali.

"Tidak ada korban jiwa karena warga terlebih dahulu mengungsi," ucapnya.

Kapolres Lumajang AKBP Dewa Putu Eka menyampaikan rasa prihatinnya terkait rumah warga yang terimbas dari tingginya ombak dan air laut.

Gelombang tinggi di Kecamatan Tempursari menyapu rumah warga hingga tak bersisa.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News