Antisipasi Genangan Saat Hujan, Pemkot Surabaya Bangun 6 Rumah Pompa Baru

Kamis, 22 September 2022 – 17:58 WIB
Antisipasi Genangan Saat Hujan, Pemkot Surabaya Bangun 6 Rumah Pompa Baru - JPNN.com Jatim
Kepala Bidang Drainase Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) Kota Surabaya Eko Yuli. Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Pemkot Surabaya membangun enam rumah pompa baru di sejumlah titik. Harapannya, itu mampu mengurangi genangan air ketika hujan deras melanda.

Kepala Bidang Drainase Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) Kota Surabaya Eko Yuli mengatakan hingga kini, pengerjaan enam rumah pompa baru mencapai 60-70 persen.

“Enam rumah pompa baru itu ada di Jalan Pahlawan, Jalan Alun-Alun Contong, dekat Sentra Wisata Kuliner (SWK), Jalan Karah, Jalan Kebonsari, Jalan Sawunggaling, dan Jalan Gadukan,” katanya, Kamis (22/9).

Eko menjelaskan khusus untuk pengerjaan rumah pompa di SWK Karah dan Jalan Pahlawan, masih 40 persen.

“Ada beberapa kendala yang dihadapi untuk pembangunan rumah pompa di Jalan Pahlawan itu lantaran adanya tiang PLN yang harus dipindahkan dan itu membutuhkan koordinasi,” ujarnya.

Adapun pembangunan rumah pompa di SWK Karah terkendala adanya balai RW sehingga harus melakukan pemindahan dan tentunya butuh sosialisasi kepada masyarakat.

“Hal itu kemudian yang memperlambat proses pengerjaan. Namun, kami berupaya untuk menuntaskan pembangunan rumah pompa sebelum musim hujan tiba,” katanya.

Selain membuat rumah pompa, Pemkot Surabaya juga membangun konektivitas saluran air atau box culvert yang ditargetkan rampung akhir tahun ini.

Sebanyak 6 rumah pompa baru di Surabaya. Diharapkan bisa mengurangi genangan air ketika hujan deras melanda

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News