Awas, Ada Penipuan Mengaku Pejabat Pemkot Surabaya, Jangan Percaya

Jumat, 23 September 2022 – 19:32 WIB
Awas, Ada Penipuan Mengaku Pejabat Pemkot Surabaya, Jangan Percaya - JPNN.com Jatim
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi melantik 129 pejabat pemkot di Gedung Sawunggaling, Surabaya, Jumat (1/10/2021). (FOTO ANTARA/HO-Humas Pemkot Surabaya)

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Penipuan yang mengatasnamakan pejabat Pemkot Surabaya kembali terjadi.

Aksinya dilakukan menggunakan melalui panggilan telepon, pesan singkat (SMS), WhatsApp (WA), maupun media sosial.

Isinya, menjanjikan suatu jabatan dengan mengatasnamakan sekretaris daerah (sekda), pejabat yang berwenang menangani kepegawaian daerah, atau pejabat lain di lingkup Pemkot Surabaya.

Kepala BKPSDM Kota Surabaya Rachmad Basari menuturkan pihaknya telah mengeluarkan surat edaran (SE) tentang kewaspadaan terhadap penipuan yang mengatasnamakan pejabat pemkot setempat.

"Surat itu ditandatangani oleh Sekda Kota Surabaya Hendro Gunawan dan sudah dikirimkan kepada seluruh jajaran Pemkot Surabaya, mulai dari perangkat daerah (PD), kecamatan, hingga kelurahan," kata Rachmad, Jumat (23/9).

Dia mengungkapkan ada beberapa orang yang sudah melapor soal penipuan berkedok menyaru pejabat pemkot itu.

"Penipuan itu dilakukan menggunakan nomor telepon tertentu dan merusak nama baik lingkungan Pemkot Surabaya. Dalam proses mutasi, rotasi, dan promosi, tidak ada pungutan atau permintaan uang yang mengatasnamakan pejabat,” ujarnya.

Rachmad Basari pun mengimbau kepada seluruh perangkat daerah dan pegawai di lingkungan kerja masing-masing lebih berhati-hati dan jangan mudah percaya dengan modus-modus seperti itu.

Aksi penipuan yang mengatasnamakan pejabat Pemkot Surabaya kembali terjadi. Warga diminta waspada
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News