Di Tangan Mahasiswa Untag Surabaya Kulit Buah Naga dan Kayu Manis Diolah Menjadi Boba

Sabtu, 10 September 2022 – 11:05 WIB
Di Tangan Mahasiswa Untag Surabaya Kulit Buah Naga dan Kayu Manis Diolah Menjadi Boba - JPNN.com Jatim
Mahasiswa Untag Surabaya membuat inovasi boba dari ekstrak kulit buah naga. Foto: Arry Saputra/JPNN.com.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Mayoritas orang pasti tahu dengan minuman boba yang kini menjadi tren karena rasanya yang manis dan kenyal. Konon boba memiliki kandungan kalori dan kadar gula tinggi.

Hal tersebut menginspirasi mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 atau Untag Surabaya Rizka Larasati Putri menciptakan boba yang sehat, yaitu dengan menggunakan kayu manis yang dicampur dengan ekstrak kulit buah naga.

"Kulit buah naga jarang sekali dimanfaatkan padahal punya kandungan antosianin yang dapat berperan sebagai pewarna alami dan antioksidan yang baik bagi kesehatan tubuh," ujar Rizka.

Rizka menjelaskan dalam pembuatannya diperlukan penentuan formulasi yang memakan waktu dua sampai tiga jam agar bisa menghasilkan boba yang berkualitas baik.

"Saya menggunakan perlakuan nol hingga empat, terdapat takaran ekstrak kulit buah naga dan air yang berbeda. Ini sekaligus menjadi tantangan bagi saya karena perlu takaran yang benar-benar cukup untuk mencapai kekenyalan pas," jelasnya.

Untuk mengukur tingkat keberhasilannya, Rizka menggunakan uji rasa atau organoleptik terhadap 30 panelis yang terdiri dari dosen dan mahasiswa Prodi Agro Industri.

"Pengujian meliputi tekstur, warna, rasa, dan aroma pada skala satu sampai lima dengan kategori penilaian sangat tidak suka, tidak suka, cukup suka, suka, dan sangat suka," tuturnya.

Nah, bahan dasar dalam pembuatan boba sangat mudah dicari, seperti tepung tapioka, gula, air, ekstrak kulit buah naga, dan ekstrak kayu manis. Cara pembuatannya cukup mencampurkan bahan-bahan tersebut diadoni hingga kalis.

Mahasiswa Untag Surabaya membuat inovasi minuman boba dari ekstrak kulit buah naga.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News