Penyebab Jembatan Gantung di Probolinggo Putus, Siswa Goyang-Goyang Lalu Terjadilah

Jumat, 09 September 2022 – 22:15 WIB
Penyebab Jembatan Gantung di Probolinggo Putus, Siswa Goyang-Goyang Lalu Terjadilah - JPNN.com Jatim
Jembatan gantung yang putus akibat kelebihan beban di Desa Kregenan, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Jumat (9/9/2022). ANTARA/HO-Diskominfo Kabupaten Probolinggo

jatim.jpnn.com, PROBOLINGGO - Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Probolinggo Hengki Cahja Saputra membeberkan penyebab putusnya jembatan gantung di Desa Kregenan.

Dia mengatakan penyebabnya akibat siswa yang goyang-goyang, lalu membuat kelebihan beban.

"Banyak siswa SMPN 1 Pajarakan melakukan jalan santai melewati jembatan gantung itu menyebabkan overload sehingga cantolan pemberat yang berada di ujung patah," kata Hengki tertulis, Jumat (9/9).

Dalam peristiwa itu, sebanyak 40 siswa dan satu guru jatuh ke sungai. Adapun 15 orang yang terdiri dari siswa dan guru mendapatkan perawatan di RSUD Waluyo Jati Kraksan.

"Ketika berada di atas jembatan siswa berkumpul serta menggoyang-goyangkan jembatan, lalu beban berlebihan," tuturnya.

Kondisi jembatan di sisi timur sungai, pondasi dan balok poer serta pilon jatuh, sedangkan sisi barat sungai, besi angker atau cantolan pemberat jembatan putus.

"Untuk penanganan sisi timur perlu dilakukan pembangunan kembali balok angker, pondasi dan pilon jembatan. Untuk sisi barat pembangunan kembali balok angker. Untuk kabel selling dan lantai jembatan juga perlu diperbarui," ujarnya.

Hengki meminta masyarakat ketika melewati jembatan gantung agar tidak berhenti di tengah-tengah, apalagi menggoyang-goyangkan badan karena bisa berbahaya.

Inilah penyebab jembatan gantung di Probolinggo putus, siswa bergoyang-goyang membuat kelebihan beban.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News