Jembatang Gantung yang Putus di Probolinggo Tergerus, Kemampuannya Menurun

Jumat, 09 September 2022 – 23:22 WIB
Jembatang Gantung yang Putus di Probolinggo Tergerus, Kemampuannya Menurun - JPNN.com Jatim
Jembatan gantung yang putus akibat kelebihan beban di Desa Kregenan, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Jumat (9/9/2022). ANTARA/HO-Diskominfo Kabupaten Probolinggo

jatim.jpnn.com, PROBOLINGGO - Pemkab Probolinggo menerjunkan tim melakukan asesmen terhadap jembatan gantung yang putus, lalu menyebabkan puluhan siswa dan guru terjatuh ke sungai.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo Ahmad Hasyim Ashari mengatakan tim dari sejumlah organisasi perangkat daerah itu langsung melakukan asesmen agar segera diperbaiki menggunakan dana belanja tak terduga (BTT).

"Asesmen segera kami lakukan karena merupakan akses masyarakat di dua desa Kraksan-Pajarakan," kata Hasyim, Jumat (9/9).

Hasyim menyebut kondisi jembatan itu sudah tergerus dan kemampuannya menurun dengan beban yang ada melebihi kapasitas sehingga putus.

"Puluhan siswa SMPN 1 Pajarakan dan ketika sampai di tengah jembatan, mereka berhenti dan jembatannya digoyang-goyang," ujarnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Probolinggo Hengki Cahja Saputra menambahkan jembatan gantung itu dibangun oleh desa berdasarkan informasi dari masyarakat.

"Untuk langkah-langkah penanganannya masih dilakukan asesmen yang hasilnya nanti diperhitungkan kebutuhan anggarannya, kemudian akan dikoordinasikan menggunakan dana BTT. Harapannya bisa dilakukan penanganan dan perbaikan secepatnya," tuturnya.

Penyebab ambruknya jembatan gantung yang menghubungkan kedua desa tersebut diduga karena kelebihan beban, yakni puluhan siswa secara bersamaan melewati jembatan tersebut dan ditambah sejumlah siswa menggoyang-goyangkan jembatan itu. (antara/mcr12/jpnn)

Jembatan gantung yang putus di Probolinggo termakan usia sehingga kemampuan menahan beban sudah menurun.

Redaktur & Reporter : Arry Dwi Saputra

Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News