Nasihat Cak Nun Untuk Narapidana, Ibaratkan Bayar Utang dan Bermain Bola

Selasa, 23 Agustus 2022 – 05:00 WIB
Nasihat Cak Nun Untuk Narapidana, Ibaratkan Bayar Utang dan Bermain Bola - JPNN.com Jatim
Cak Nun saat mengisi pengajian di Lapas Kelas I Surabaya di Porong, Sidoarjo, Senin (22/8). Foto: Humas Kemenkumham Jatim.

jatim.jpnn.com, SIDOARJO - Emha Ainun Nadjib alias Cak Nun menyebut warga binaan atau narapidana yang sedang menjalani masa tahanan di dalam lapas bukanlah sesuatu yang buruk.

Dia mengibaratkan narapidana yang sedang berbuat salah, lalu menjalani hukuman seperti seseorang yang membayar utang.

Maksudnya adalah narapidana sedang menebus kesalahan-kesalahan yang telah diperbuat.

"Artinya, kita berani membayar utang sehingga dapat melunasinya," kata Cak Nun saat memberi pengajian di Lapas Kelas I Surabaya di Porong, Sidoarjo, Senin (22/8).

Ketika tidak merasa bersalah, tetapi harus menjalani masa hukuman di penjara sama dengan menambah saldo sehingga surga yang diterima makin tinggi derajatnya.

"Surga yang kau terima kelak akan makin tinggi derajatnya," tuturnya.

Dia merumpamakan bahwa hidup itu seperti bermain bola. Saat gawang kebobolan di tengah-tengah permainan, para pemainnya tidak boleh putus asa.

Maksudnya, ketika seseorang berbuat kesalahan masih ada kesempatan bagi dirinya untuk bertaubat sebelum meninggalkan dunia atau wafat.

Cak Nun mengibaratkan narapidana di dalam lapas sebagai orang yan sedang membayar utang dan bermain bola.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News