Ternyata Ini Akar Permasalahan Macetnya Pasokan Air PDAM Kota Malang, Ada Sengketa

Jumat, 19 Agustus 2022 – 13:34 WIB
Ternyata Ini Akar Permasalahan Macetnya Pasokan Air PDAM Kota Malang, Ada Sengketa - JPNN.com Jatim
Pipa penyaluran air PDAM Tugu Tirta yang ada di Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang sering dijadikan alasan matinya pasokan air di 5 kelurahan Kota Malang. Foto: Ridho Abdullah/JPNN.com

jatim.jpnn.com, MALANG - Fakta baru terungkap buntut macetnya penyaluran air dari PDAM Tugu Tirta Kota Malang beberapa minggu belakangan.

Akar permasalahan fenomena itu ternyata bukan hanya disebabkan pipa bocor, tetapi ada persengketaan antara PDAM Tugu Tirta Kota Malang dan PDAM Tirta Kanjuruhan Kabupaten Malang.

Polemik tersebut berlangsung sampai sekarang yang akhirnya berdampak pada warga yang kesulitan mendapatkan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari.

Direktur PDAM Tugu Tirta Kota Malang Muhlas menilai sengketa itu cukup kompleks dan tidak bisa dijelaskan secara sederhana.

"Masalahnya kalau dijelaskan akan panjang dan tidak sederhana," ucapnya kepada JPNN Jatim, Jumat (19/8).

Detail sengketa itu baru diketahui dari paparan Direktur PDAM Tirta Kanjuruhan Kabupaten Malang Syamsul Hadi.

Menurutnya, sengketa mula-mula muncul karena pihak PDAM Kota Malang tidak melanjutkan Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang sempat terjalin sejak 2017.

"Waktu itu, PDAM Kota Malang dan PDAM Kabupaten Malang, DPUPR, Perhutani setuju untuk membuat SPAM (Sistem Penyediaan Air Minum) di Sumber Pitu, Tumpang, Kabupaten Malang, tetapi telah habis November 2021," katanya.

Akar permasalahan itu berkaitan dengan sengketa dua institusi PDAM Kota dan Kabupaten Malang. Simak sebagai berikut.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News