Sekelompok Warga Mendadak Tolak Eksploitasi Sumber Pitu PDAM Kota Malang

Selasa, 13 September 2022 – 14:03 WIB
Sekelompok Warga Mendadak Tolak Eksploitasi Sumber Pitu PDAM Kota Malang - JPNN.com Jatim
PDAM Kota Malang dituding melakukan eksploitasi ilegal sumber mata air Sumber Pitu. Foto/Ilustrasi: laman PDAM Perumda Tugu Tirta

jatim.jpnn.com, MALANG - Sejumlah warga melakukan protes terhadap eksploitasi sumber mata air di Tumpang, Kabupaten Malang.

Massa tersebut mengaku tergabung dalam Forum Penyelamat Sumber Pitu.

Koordinator Tim Advokasi Zulham Akhmad Mubarok mendesak pihak terkait untuk mengkaji ambang batas eksploitasi terhadap sumber mata air Sumber Pitu.

"Menolak eksploitasi Sumber Pitu untuk kepentingan komersial PDAM Kota Malang semata," katanya.

Menurutnya, pengkajian tersebut dilakukan untuk mengantisipasi kerugian lebih lanjut yang berpotensi mendampak para petani di 11 desa sekitar.

Dia mengutarakan eksploitasi sumber mata air itu berdampak langsung kepada petani yang ada di sekitar daerah Sumber Pitu.

"Menyusun solusi alternatif bagi petani dan masyarakat yang selama ini menggunakan sumber air secara konvensional di aliran Kali Lajing dari hulu hingga hilir," tuturnya.

Zulham juga mengeklaim masyarakat merasa dirugikan dengan adanya eksploitasi mata air Sumber Pitu.

Mereka juga menuntut ganti rugi PDAM Tugu Tirta yang telah melakukan eksploitasi sejak 2015 sampai sekarang.

Kelompok warga itu menuding PDAM Kota Malang melakukan eksploitasi liar dengan tidak membayarkan retribusi kepada Pemkab Malang.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News