Ciptakan Startup di Kalangan Pelajar, Siswa SMKN 6 Kreasikan Beragam Kuliner

Minggu, 14 Agustus 2022 – 10:50 WIB
Ciptakan Startup di Kalangan Pelajar, Siswa SMKN 6 Kreasikan Beragam Kuliner - JPNN.com Jatim
Siswa SMKN 6 Surabaya menunjukkan kreasi kuliner buatannya. Foto: Dok. Pribadi Diana untuk JPNN.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - SMKN 6 Surabaya menggelar festival makanan dan minuman halal, Jumat (12/8). Para siswa membuat kreasi kulinernya, lalu menjualnya kepada rekan sebaya hingga wali murid.

Kegiatan itu dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1444 Hijriah dan HUT ke-77 RI. Selain itu, menjadi ajang sekolah menciptakan startup baru di kalangan pelajar dan mencari produk makanan atau minuman yang bisa dipatenkan.

Produk yang ditawarkan para siswa akan dinilai dalam beberapa tahapan, mulai dari inovasi, rasa, desain packagingnya, dan dekorasi stand.

Ciptakan Startup di Kalangan Pelajar, Siswa SMKN 6 Kreasikan Beragam Kuliner

“Penilaiannya inovasi 35 persen, rasa 35 persen, desain kemasan 20 persen, dan dekorasi stan sepuluh persen,” ujar Kepala Sekolah SMKN 6 Bahrun.

Dalam festival ini, sebanyak 72 rombel dari berbagai jurusan dilibatkan. Tak hanya jurusan tata boga saja, semua jurusan ikut berpartisipasi.

Untuk jenis makanan, ada tradisional, modern, dan makanan semi modern.

“Siswa nanti akan mempresentasikan kepada juri chef, mereka menceritakan manfaat makanan atau minuman yang diolah dan dibuat, lalu kandungan apa dalam kesehatan, dan cara memasarkannya,” katanya.

Para siswa SMKN 6 dari berbagai jurusan mengikuti festival makanan dan minuman halal yang ditawarkan kepada sesama murid dan wali murid.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News