Puluhan Jemaah Haji di Jatim Terpapar Covid 19, Didominasi Orang Tanpa Gejala

Kamis, 11 Agustus 2022 – 20:21 WIB
Puluhan Jemaah Haji di Jatim Terpapar Covid 19, Didominasi Orang Tanpa Gejala - JPNN.com Jatim
Jemaah haji tiba di Asrama Haji Debarkasi Surabaya. Foto: PPIH Asrama Haji Debarkasi Surabaya

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Asrama Haji Debarkasi Surabaya mencatat dari kedatangan jemaah haji gelombang pertama sampai kedua sebanyak 42 orang terkonfirmasi positif Covid-19.

Sekretaris PPIH Asrama Haji Debarkasi Surabaya sekaligus Kabid PHU Kanwil Kemenag Jatim Abdul Haris mengatakan jumlah paling banyak terdapat pada gelombang pertama, yaitu ada 36 jemaah dari 20 kloter.

"Gelombang kedua dari kloter 21 sampai 36, ada enam orang yang terpapar Covid-19," ujar Haris, Kamis (11/8).

Sesuai dengan SOP, cara penanganan sudah ditetapkan oleh PPIH maupun Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur.

"Begitu hasil tes PCR nya positif, jemaah haji diantar ke kabupaten/kota masing-masing dengan kendaraan biasa yang sudah disiapkan oleh BPBD," katanya.

Menurutnya, rata-rata jemaah haji yang tertular virus Covid-19 adalah orang tanpa gejala (OTG) yang tidak memiliki suhu diatas 37,5 derajat celsius ketika dilakukan pengukuran suhu maupun mengeluhkan batuk, pilek, dan sesak napas.

“Kini, jemaah yang sebelumnya positif Covid-19 dan melakukan isolasi di daerah masing-masing, sudah pulih,” tuturnya.

Haris mengatakan ada tiga orang jemaah haji yang dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi.

Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Asrama Haji Debarkasi Surabaya mencatat ada puluhan jemaah terkonfirmasi positif Covid-19

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News