36 Kloter Jemaah Haji Telah Tiba di Asrama Haji Debarkasi Surabaya

Kamis, 11 Agustus 2022 – 17:17 WIB
36 Kloter Jemaah Haji Telah Tiba di Asrama Haji Debarkasi Surabaya - JPNN.com Jatim
Jemaah haji kloter 35 menjalani serangkaian pemeriksaan saat tiba Asrama Haji Debarkasi Surabaya. Foto: Kemenag Jatim

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Proses kepulangan jemaah haji ke Asrama Haji Debarkasi Surabaya telah mencapai 96 persen atau sebanyak 36 kloter dengan 16.119 orang.

Kabid Penyelenggara Ibadah Haji dan Umroh Kanwil Kemenag Jatim Abdul Haris menjelaskan masih ada dua kloter yang masih menunaikan ibadah haji, yaitu kloter 37 dan 38.

“Kloter 37 itu merupakan jemaah dari Kota Surabaya, sementara kloter 38 merupakan kloter sapu jagat,” kata Haris.

Kloter 37 dijadwalkan mendarat di Kota Surabaya pada Jumat (12/8) dini hari. Adapun kloter 38 akan tiba pada Sabtu (13/8) dini hari.

Haris mengungkapkan selama pelaksanaan kegiatan dari keberangkatan sampai kedatangan haji 2022, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) menunjukan kerja sama yang luar biasa.

“Penanganan jemaah di Asrama Haji Surabaya sudah menjadi rujukan bagi tempat lain di Indonesia, bahkan sampai ada tim dari luar provinsi Jatim melakukan studi banding kepada kami," ujarnya.

Menurut dia, penanganan jemaah haji di Asrama Haji Surabaya ini melibatkan banyak pihak ditambah ada layanan yang terintegrasi dengan seluruh tim.

"Jemaah tidak hanya sekadar diberi konsumsi, tetapi begitu datang, kami bangun psikologisnya menjadi segar sehingga disambut dengan kalimat yang menghibur tanpa mengurangi kekhusyukan nilai ibadah haji," tuturnya.

Proses pemulangan jemaah haji di Asrma Haji Debarkasi Surabaya telah mencapai 96 persen
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News