Persiapan Piala Dunia U-20, Pemasangan Geomembran di TPA Benowo Mencapai 50 Persen

Rabu, 03 Agustus 2022 – 18:09 WIB
Persiapan Piala Dunia U-20, Pemasangan Geomembran di TPA Benowo Mencapai 50 Persen - JPNN.com Jatim
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Surabaya Agus Hebi Djuniantoro. Foto: Diskominfo Surabaya

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Pemasangan geomembran di Tempat Pembuangan Sampah (TPA) Benowo Surabaya sudah mencapai 50 persen. Targetnya, proyek itu harus rampung pada September mendatang.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Surabaya Agus Hebi Djuniantoro menjelaskan pemasangan geomembran di TPA Benowo bertujuan untuk mengantisipasi bau sampah.

Diketahui TPA Benowo berdekatan dengan Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya yang menjadi salah satu venue Piala Dunia U-20.

“Bau sampah itu juga menjadi salah satu catatan dari FIFA yang harus segera dirampungkan jika ingin Surabaya tetap memegang status sebagai salah satu host Piala Dunia U-20,” kata Hebi saat dikonfirmasi, Rabu (3/8).

Hebi menjelaskan setelah geomembran dipasang, langkah selanjutnya, yaitu dilakukan pemasangan blower untuk menyedot gas metana hasil pembusukan sampah.

“Gas metana itu kemudian dialirkan menuju pipa yang terdapat di bawah lokasi TPA dan dialirkan untuk suplai energi listrik PLTSA melalui sistem metana capture,” jelasnya.

Selanjutnya dilakukan pengolahan melalui generator untuk menghasilkan listrik dua megawatt.

Dia menerangkan sampah yang baru masuk ke TPA bakal disemprot dengan cairan khusus penyerap bau.

Jelang penetapan GBT sebagai salah satu venue Piala Dunia U-20, Pemkot Surabaya kebut pemasangan geomembran untuk kurangi bau sampah di TPA Benowo
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News