Overload, DPRD Surabaya Usul Pemkot Bangun TPA Baru di Wilayah Timur

Senin, 29 April 2024 – 13:38 WIB
Overload, DPRD Surabaya Usul Pemkot Bangun TPA Baru di Wilayah Timur - JPNN.com Jatim
DPRD Surabaya nilai TPA Benowo overload sehingga perlu ditambah. Foto: Diskominfo Surabaya

jatim.jpnn.com, SURABAYA - DPRD Surabaya menilai kapasitas tempat pembuangan akhir (TPA) di Benowo melebihi kapasitas. Pasalnya, setiap hari sampah yang dibuang di sana sebanyak 1.500-1.600 ton, bahkan mencapai 1.700 ton.

Kapasitas TPA Benowo sendiri memiliki batasan volume 1.000 ton. Maka dari itu, diperlukan lokasi lain untuk menambah tempat pembuangan sampah.

Anggota Komisi C DPRD Surabaya Bukhori Imron menjelaskan pengangkutan sampah yang melebihi kapasitas itu menggerus banyak anggaran APBD sampai ratusan miliar.

Terlebih, biaya pengangkutan ke Benowo lebih besar, apalagi untuk Surabaya timur yang memiliki jarak tempuh jauh sehingga membuat pengeluaran banyak BBM.

“Pemkot kan banyak punya lahan di timur, tidak hanya barat, maksud saya supaya tidak terlalu banyak sesuai target PTSU yang hanya 1.000 ton," kata Imron.

"Kelebihan itu bagaimana dicarikan tempat lain utamanya daerah timur. Kan, lahan pemkot sangat banyak sekali," ujarnya.

Untuk menghindari penolakan pembuatan TPA di Surabaya timur, dia menyarankan agar dibangun di lahan yang jauh dari permukiman warga.

"Cari yang tidak banyak permukiman. Barat juga permukiman, bahkan berdampingan dengan stadion, kalau ada tamu dari luar mancanegara kita harus menutupi bau sampah," ucapnya.

TPA Benowo dinilai overload, DPRD Surabaya usul tambah TPA baru di wilayah Timur
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News