Unusa Ajak Ibu Hamil Rutin Lakukan Yoga, Berikut Manfaatnya

Kamis, 30 Juni 2022 – 17:18 WIB
Unusa Ajak Ibu Hamil Rutin Lakukan Yoga, Berikut Manfaatnya - JPNN.com Jatim
Pelaksanaan yoga bagi ibu hamil yang diselenggarakan di Kampus B Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya. Foto : Ardini Pramitha/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Sejumlah ibu hamil mengikuti kegiatan yoga dan pemeriksaan kehamilan di Kampus B Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa), Kamis (30/6).

Kaprodi S1 Kebidanan Unusa Nanik Handayani, S.Kep.Ns., M.Kes menuturkan kegiatan itu dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 Ikatan Bidan Indonesia (IBI).

Tema yang diambil pada HUT IBI tahun ini, yaitu “Perjalanan Panjang Profesi Bidan Mewujudkan Generasi Unggul Menuju Indonesia Maju”.

“Kegiatan yoga dapat membantu melatih pernafasan dan membuat ibu hamil merasa rileks sehingga memudahkan adaptasi terhadap perubahan tubuh selama kehamilan," kata Nanik.

Kaprodi D-3 Kebidanan Unusa Fitria Dwi Anggraini, SST., M.Ke meerangkan saat hamil, rahim wanita membesar sedemikian rupa sehingga tubuh harus beradaptasi.

“Yoga bagi ibu hamil, selain untuk mengurangi efek samping yang ada, juga dapat meredakan nyeri dan sakit yang dirasakan di masa kehamilan,” ujarnya.

Selain itu, yoga juga bisa mengencangkan otot, memperkuat jantung dan paru, membuat tidur lebih nyenyak, serta dapat mempermudah proses kelahiran.

Maka dari itu, Fitria berpesan agar ibu hamil rutin melakukan yoga di usia 20 minggu ke atas atau menjelang trimester ketiga menjelang persalinan.

Sejumlah akademis Unusa berpesan agar para ibu hamil rutin melakukan yoga. Manfaatnya banyak loh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News