CT ARSA Gandeng Unusa Sediakan Air Bersih di 4 Kota dengan Teknologi Canggih

Rabu, 27 Maret 2024 – 12:07 WIB
CT ARSA Gandeng Unusa Sediakan Air Bersih di 4 Kota dengan Teknologi Canggih - JPNN.com Jatim
CT ARSA gandeng Unusa untuk sediakan air bersih di 4 Kota Indonesia. Foto: Humas Unusa

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Universitas Nahdlatul Ulama (Unusa) Surabaya sedang menjalankan proyek penyediaan akses air bersih di empat lokasi strategi di Indonesia, yakni Sukabumi, Bekasi, Jakarta Barat, dan Karawang.

Proyek itu merupakan kolaborasi antara Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unusa, Center For Environmental Health of Pesantren (CEHP), Lembaga Amil Zakat, Infaq, Sedekah, dan Wakaf (ZISWAF) CT ARSA Foundation.

Ketua CEHP LPPM Unusa Achmad Syafiuddin menjelaskan penyediaan air bersih ini menghadirkan teknologi canggih yang diberi nama UNU-Water.

Sebelum diterapkan, timnya telah melakukan evaluasi menyeluruh untuk memilih desain UNU-Water yang paling optimal sesuai dengan kebutuhan masyarakat di setiap lokasi.

Lokasi yang terpilih untuk pemasangan sistem filtrasi ini meliputi Kampung Ciroyom, Desa Cibitung, Kecamatan Cibitung di Sukabumi, Kampung Beting, Muara Gembong di Bekasi, Kelurahan Kamal, Kalideres di Jakarta Barat, dan Pondok Pesantren Assyidiqiyah, Desa Pasirukem, Cilamaya Kulon di Karawang.

“Kami memilih lokasi-lokasi ini berdasarkan evaluasi kebutuhan akan akses air bersih yang mendesak," kata Syaifudin, Rabu (27/3).

Selain pemasangan sistem filtrasi, kolaborasi ini juga meliputi pendidikan dan pelatihan kepada masyarakat setempat.

Dosen Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Fakultas Kesehatan (F.Kes) Unusa iut menyebut pelatihan akan difokuskan pada pemantauan kualitas air secara berkala dan pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Kolaborasi antara CT ARSA dan Unusa untuk penuhi kebutuhan air bersih di 4 kota
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News