Demi SDM Unggul, Fakultas Vokasi Unair Bakal Ubah Status D3 Menjadi Sarjana Terapan

Kamis, 23 Juni 2022 – 22:23 WIB
Demi SDM Unggul, Fakultas Vokasi Unair Bakal Ubah Status D3 Menjadi Sarjana Terapan - JPNN.com Jatim
Talkshow Dies Natalis Fakultas Vokasi Unair bertajuk SDM Unggul Melalui Link and Match. Foto: Dok. Pribadi Willi Untuk JPNN

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Fakultas Vokasi Universitas Airlangga (FV Unair) memiliki target perubahan status program studi (Prodi) diploma tiga menjadi sarjana terapan tahun ini.

Dekan Fakultas Vokasi Unair Prof Dr Anwar Ma’ruf mengatakan dari 19 Prodi FV Unair, sembilan di antaranya sudah sarjana terapan atau diploma empat.

“Kompetensi ke depan tenaga kerja yang dibutuhkan bersifat lebih tinggi lagi. Untuk diploma tiga ditransformasi menjadi sarjana terapan, magister, dan doktor terapan dengan harapan bisa mencetak SDM unggul,” ujar Dr Anwar, Kamis (23/6).

Pihaknya saat ini sedang menelaah semua prodi yang bakal menjadi sarjana terapan untuk menyesuaikan kebutuhan industri dan lapangan kerja.

Namun, ada pengecualian untuk Prodi Ilmu Perpustakaan dan Keperawatan yang masih akan bertahan dengan status diplomanya lantaran menyesuaikan kebutuhan industri.

“Kami sedang mencoba meningkatkan branding sejarah terapan karena statusnya masih belum bisa dipahami dengan baik oleh masyarakat. Banyak yang hanya mencari strata satu,” ungkapnya.

Seharusnya saat mencari pekerjaan, dunia kerja fokus terhadap kompetensi dan tenaga ahli.

Sementara itu, Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani yang merupakan alumni Unair menyebut banyak industri di daerahnya yang memerlukan tenaga ahli dan terampil untuk diisi tenaga vokasi.

Fakultas Vokasi Unair mempunyai target beberapa prodinya diubah statusnya dari D3 menjadi Sarjana Terapan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News